Bagaimana jika kartu BPJS rusak atau hilang ?

kartu-bpjs

Apakah kartu BPJS yang rusak atau hilang dapat di ganti dengan kartu yang baru ? jawbannya “bisa”, berikut ini akan di jelaskan bagaimana mengurus kartu BPJS yang rusak atau hilang, agar dapat mengganti atau mencetak kartu BPJS yang baru.

Kartu BPJS rusak atau hilang, bukan selalu karena kelalaian, namun terkadang bisa juga karena musibah seperti kartu BPJS disimpan didompet namun dompetnya dicopet, kartu BPJS lecet-lecet karena di simpan di dompet, di gigit tikus, lupa naruh dan sebagainya.

Berikut ini pemamparan bagaimana cara mengurus kartu BPJS yang baru :

Cara memperoleh cetak ulang Kartu BPJS karena rusak

Jika kartu BPJS kita rusak, dan ingin di ganti dengan kartu yang baru. Cukup kita bawa kartu BPJS yang rusak tersebut ke kantor BPJS terdekat. Kemudian sampaikan maksud dan tujuan kita ke petugas di kantor BPJS.

Petugas akan memberikan cetak ulang kartu kita, tentunya sebelum di lakukan cetak ulang, kita akan di suruh mengisi form permohonan cetak ulang kartu BPJS. Setelah Form kita isi, selanjutnya petugas akan memberikan kartu BPJS yang baru kepada kita.

Perlu diingat bahwa kartu BPJS yang baru merupakan kartu BPJS hasil cetak ulang dari kartu yang rusak tadi. Jadi semua data-data yang terdapat pada kartu BPJS yang rusak akan di pindahkan ke kartu BPJS yang baru.

Cara mengurus kartu BPJS yang hilang

Jika kartu BPJS kita hilang, sebaiknya kita cepat-cepat mengurus pergantian cetak ulang kartu BPJS kita. Takutnya, sewaktu-waktu kita membutuhkan kartu BPJS, kita akan repot sendiri karena mengurus kartu BPJS yang hilang karena membutuhkan waktu.

Berikut ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengurus kartu BPJS yang hilang :

Syarat mengurus kartu BPJS yang hilang :

  • Surat pernyataan kehilangan kartu BPJS dari kepolisian terdekat
  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy Kartu keluarga
  • Dokumen-dokumen yang berhubungan dengan kartu BPJS kita

Sebaiknya KTP asli dan kartu keluarga asli di bawa juga, supaya kita tidak perlu balik kerumah lagi sewaktu-waktu di butuhkan.

Setelah dokumen persyaratan diatas di lengkapi, Selanjutnya pergi ke kantor BPJS terdekat. Utarakan maksud dan tujuan kita kepada petugas. kemudian petugas akan memberikan cetak ulang kartu kita, tentunya sebelum di lakukan cetak ulang, kita akan di suruh mengisi form permohonan cetak ulang kartu BPJS. Setelah Form kita isi, selanjutnya petugas akan memberikan kartu BPJS yang baru kepada kita.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara mengurus kartu BPJS yang rusak atau hilang. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Salam…

Tinggalkan Balasan