Apa Yang Dilakukan Jika Kartu BPJS Rusak ?

Kartu BPJS merupakan kartu identitas diri seseorang yang menyatakan bahwa dirinya merupakan anggota BPJS. Kartu BPJS Kesehatan digunakan saat seseorang hendak berobat di faskes tingkat 1 ataupun berobat ke Rumah Sakit. Namun bila kartu tersebut rusak seperti patah atau tulisan hilang, maka petugas yang akan memvalidasi kartu tersebut akan kesulitan.

Oleh sebab itu, jika kartu BPJS Kesehatan anda rusak sebaiknya anda secepatnya mengurus pergantian baru kartu BPJS di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Namun beda hal dengan kartu BPJS yang hilang, anda di haruskan minta surat kehilangan terlebih dahulu kepada kepolisian.

Baca juga solusi jika kartu BPJS hilang

Adapun jika hanya mengganti kartu BPJS yang rusak, anda cukup membawa fisik kartu anggota BPJS yang rusak dan KTP elektronik ke kantor BPJS Kesehatan. Nantinya petugas yang akan memvalidasi antara identitas yang ada di kartu BPJS dengan identitas yang ada di KTP elektronik.

Jika identitas KTP Elektronik sudah sesuai dengan identitas yang ada di kartu anggota BPJS, maka petugas akan langsung mengganti kartu BPJS yang baru untuk anda. Proses pergantian ini tidak lama, jadi anda bisa menunggu hingga kartu anggota BPJS yang baru tercetak dan anda bisa langsung menggunakan sebagaimana mestinya.

Untuk menghindari kerusakan, sebaiknya kartu BPJS di simpan di tempat yang aman, jauhkan dari jangkauan anak-anak serta di laminating.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini…

===========Iklan Google== =========