Begini Cara Membayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui ATM Mandiri

Salah satu syarat mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan adalah calon peserta harus memiliki rekening Bank. Tujuannya supaya dapat mempermudah peserta BPJS dalam membayar iuran setiap bulannya.

Ada 3 bank yang telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan yaitu bank BNI, Mandiri dan BRI, dimana didalam mesin ATM tersebut sudah terdapat fasilitas menu khusus untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

Cara membayarnya pun dapat dibilang sangat baru dan berbeda sekali dengan cara transfer antar rekening, sehingga bagi orang yang baru menggunakan fasilitas ini akan merasa kesulitan ketika akan melakukan pembayaran BPJS via ATM.

Bagi anda yang mempunyai rekening Mandiri, berikut ini akan kami jelaskan tahap demi tahap agar anda bisa memahami dan tidak kebingungan saat akan melakukan pembayaran BPJS via ATM :

1. Hal yang paling utama saat akan melakukan pembayaran BPJS via ATM adalah memastikan saldo yang terdapat di rekening anda cukup.

2. Masukkan ATM Mandiri anda kemudian pilih bahasa Indonesia selanjutnya masukan PIN ATM Mandiri anda dengan benar

3. Kemudian pada menu yang muncul pada layar pilih menu Bayar/Beli kemudian pilih menu lainnya.

4. Setelah itu pilih menu BPJS, kemudian pilih jenis kepesertaan BPJS, BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan, karena dalam hal ini anda akan membayar iuran BPJS Kesehatan, maka yang anda pilih adalah Kepesertaan BPJS Kesehatan.

5. Pilih Individu jika jenis kepesertaan BPJS kesehatan anda adalah BPJS Mandiri, atau pilih Badan Usaha jika anda membayarkan iuran BPJS ketenagakerjaan perusahaan

6. Lalu masukan kode bank sebanyak 5 digit yaitu 88888, kemudian lanjutkan dengan 11 digit virtual account yang terdapat pada kartu BPJS. Adapun contohnya sebagai berikut :

Misal untuk kartu diatas, yang harus anda masukan adalah 8888801482552742, lalu pilih benar.

 

7. Kemudian masukan jumlah bulan pembayaran iuran, jika anda ingin membayar hanya satu bulan maka tekan 1  atau tekan 2 jika ingin membayar iuran sekaligus untuk 2 bulan dan seterusnya. Lalu kemudian tekan Benar

8. Setelah itu anda di minta untuk konfirmasi pembayaran dengan cara tekan 1,  kemudian tekan Ya untuk menyelesaikan transaksi pembayaran anda.

9. Setelah itu mesin ATM mandiri akan mencetak slip bukti pembayaran iuran BPJS anda, ambil lalu simpan slip tersebut sebagai bukti pembayaran anda.

 

 

Baca juga : Besarnya iuran tiap kelas BPJS.

 

Itulah beberapa tahapan cara membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM BRI, semoga informasi ini bisa membantu anda dalam membayar iuran BPJS melalui mesin ATM.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disni..

===========Iklan Google== =========