Berapa Harga Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3 ?

Jakarta- Mulai tanggal 1 april 2016, Pemerintah resmi mengumumkan informasi perubahan tarif iuran BPJS Kesehatan, melalui Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan. Dalam Perpres tersebut ditetapkan perubahan tarif iuran bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) alias peserta perorangan (mandiri).

Berikut ini daftar tarif baru iuran BPJS Kesehatan :

Kelas 1 = Rp 80,000 – Per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas I.

Kelas 2 = Rp 51,000 – Per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas II.

Kelas 3 = Rp 25,500 – Per orang per bulan dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan Kelas III.

Khusus untuk tarif iuran peserta kelas III, Presiden menetapkan bahwa iuran peserta perorangan kelas III tidak berubah, yaitu tetap Rp 25.500. Sementara itu, tarif untuk kelas 1 dan kelas 2 mengalami kenaikan masing-masing sebesar Rp20.500 dan Rp8.500. Sebelumnya tarif iuran peserta BPJS Kesehatan kelas II yaitu Rp 42,500 sedangkan Kelas I Rp 59,500.

loket-bayar-bpjs

Setiap peserta BPJS Kesehatan, wajib membayar iuran paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan sesuai dengan nominal kelas yang di pilih. Jika tanggal 10 (sepuluh) jatuh pada hari libur, maka iuran dibayarkan pada hari kerja berikutnya.

Pindah Kelas

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang berada pada kelas 1 dan 2 diperbolehkan untuk pindah ke kelas 3. Irfan Humaidi dari BPJS Kesehatan menegaskan pengurusan pindah kelas hanya bisa dilakukan dengan cara datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat dan memenuhi persyaratan yakni peserta minimal sudah tercatat sebagai peserta JKN selama satu tahun.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bisa bermanfaat. Salam…

Tinggalkan Balasan