Ini lah 6 Olahraga Terbaik Untuk Ibu Hamil

6 Olahraga Terbaik Untuk Ibu Hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami sakit pinggang, sakit kepala dan merasa cepat lelah. Rasa sakit ini sebenarnya wajar, sebab organ dalam tubuh bekerja dua kali saat menopang kehamilan. Oleh sebab itu, selama kehamilan ibu hamil disarankan agar tidak melakukan aktivitas berlebihan yang bisa membuat kecapaian. Namun, bukan berarti ibu hamil hanya di anjurkan bermalas ria. Sebaiknya ibu hamil juga melakukan olahraga untuk kesehatan janin serta meningkatkan kebugaran tubuh.

Ketika melakukan olahraga selama kehamilan, pastikan porsi serta jenis olahraga yang dilakukan sudah tepat. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi 6 olahraga terbaik untuk ibu hamil, yang sebaiknya rutin anda lakukan. Apa saja?

6 Olahraga Terbaik Untuk Ibu Hamil

1. Latihan Beban

Terdapat beberapa manfaat dari latihan beban. Olahraga terbaik untuk ibu hamil ini dapat memperkuat otot di sekeliling sendi, mengurangi terjadinya cidera, menjaga stamina tubuh yang sangat penting saat kehamilan dan persalinan. Pilihlah latihan beban sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Maksimal gunakan beban setengah dari berat normal, dan jangan lupa untuk menyediakan air minum saat latihan beban.

 2. Perenggangan

 Perenggangan merupakan salah satu olahraga terbaik untuk ibu hamil, karenan mampu membantu fleksibilitas tubuh dan mengurangi rasa sakit ketika proses persalinan. Selain itu, latihan perenggangan juga ampuh untuk merelaksasi ibu hamil.

 3. Yoga

 Olahraga terbaik untuk ibu hamil berikutnya adalah dengan mengikuti kelas yoga yang dipandu oleh ahlinya. Olahraga yoga akan melatih pernapasan, membuat tubuh menjadi bugar dan sangat berguna pada saat persalinan nanti. Relaksasi yang dihasilkan dari yoga, bisa memberikan ketenangan pada ibu hamil dalam menjalani harinya dan juga mengurangi rasa takut terhadap proses persalinan.

 4. Senam Hamil

 Sebaiknya ibu hamil mengikuti senam di kelas-kelas hamil yang dipandu oleh ahlinya. Selain bugar dan sehat, ibu hamil juga bisa berinteraksi, memperbanyak pengetahuan dan pengalaman dari ibu-ibu hamil lainnya. Selain itu, senam hamil juga mampu menguatkan dan melenturkan otot-otot agar mempermudah proses persalinan nanti. Tak heran jika senam hamil merupakan salah satu olahraga terbaik untuk para ibu hamil.

 5. Jalan Kaki

 Olahraga terbaik untuk ibu hamil yang paling mudah dan tidak mengeluarkan biaya adalah jalan kaki. Olahraga ini baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan melancarkan peredaran darah. Ibu hamil dapat melakukan jalan kaki sehari selama 30 menit.

Pastikan untuk membawa persediaan air minum agar terhindar dari dehidrasi dan jangan jalan kaki di siang hari pada saat panas terik ataupun malam hari, hindari juga jalur yang menanjak.

Hentikan jalan kaki apabila ibu hamil mengalami sesak napas, pendarahan, kontraksi, kram pada betis, sakit dada, pusing, pecah ketuban atau sehabis jalan kaki terjadi kondisi dimana pergerakan janin menjadi berkurang.

 6. Berenang

Berenang juga merupakan olahraga yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena baik untuk melatih otot-otot kaki dan tangan. Selain itu, berenang juga dapat mempermudah menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kinerja jantung.

Namun, ibu hamil disarankan untuk minum segelas air setiap 15 menit sekali selama berenang dan sehabis berenang. Ibu hamil juga dapat melakukan olahraga berenang selama 30 menit sehari dengan gaya bebas, gaya dada dan gaya punggung.

Gaya bebas hanya memerlukan tenaga yang minim sehingga cocok bagi ibu hamil. Sedangkan gaya dada tidak membutuhkan banyak putaran dan gaya punggung bisa mengurangi efek gravitasi sehingga aliran darah tidak terganggu.

Nah itulah artikel mengenai 6 olahraga terbaik untuk ibu hamil yang di rekomendasikan. Namun alangkah lebih baiknya, lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ketika ibu hamil hendak melakukan olahraga. Karena biasanya, tiap indvidu mempunyai kondisi yang berbeda.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan anda

disini…

===========Iklan Google== =========