Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi ??? Ini Tips Ampuh Mengatasinya

Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi – Pada saat masa pertumbuhan, biasanya memasuki usia diatas 6 bulan, bayi akan mengalami pertumbuhan gigi. Sehingga, ia akan merasakan rasa nyeri pada area gusinya.

Ini dikarenakan tumbuhnya akar gigi, sehingga wajar bila akan terasa sakit. Namun, ibu tidak perlu khawatir karena itu merupakan kondisi normal yang terjadi pada setiap bayi.

Tanda – tanda bayi tumbuh gigi

Sebagai orang tua yang baik, sebaiknya anda mengetahui tanda atau ciri-ciri sang buah hati mulai tumbuh gigi. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut.

  • Mengeces
  • Sering mengalami sulit tidur
  • Suhu badan naik
  • Gusi bengkak
  • Menggosok – gosokkan muka
  • Lebih sering minta digendong
  • Menggaruk telinga, bahkan sampai berdarah di bagian bawah dan bagian atas.
  • Kurang mau minum susu

Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit, saat bayi mengalami tumbuh gigi. Nah, berikut beberapa caranya tersebut.

1. Mengusap Gusi

Gusi merupakan tempat dimana gigi akan tumbuh, maka bisa dipastikan rasa sakit akan terasa di sekitar gusi. Untuk mengatasinya, ibu bisa mengusap gusi yang sekiranya akan ditumbuhi akar gigi. Hal utama yang harus diperhatikan adalah untuk tidak memaksa bayi anda ketika mengusap gusi. Cara mengusap gusi yang benar adalah dengan memasukkan jari anda ke dalam gusi pada mulut bayi dengan lembut setelah itu, usap – usap dengan perlahan di bagian gusi. Dengan itu, bayi akan merasa nyaman.

2. Mainan yang Diletakkan di Kulkas

Salah satu cara untuk mengatasi bayi yang rewel karena akan tumbuh gigi adalah dengan memberikan mainan yang tidak membuat terluka. Mainan tersebut salah satunya adalah teether atau mainan khusus untuk digigit. Sebelum digunakan, sebaiknya teether dibersihkan terlebih dahulu untuk mengurangi kuman yang masuk dalam tubuh. Teether terlebih dahulu didinginkan di kulkas, karena rasa dingin dapat membuat bayi merasa nyaman.

3. Memberikan Finger Food

Selain mainan khusus seperti teether, anda juga bisa memakai finger food. Karena bayi yang berusia 6 bulan sudah mengonsumsi makanan pendamping ASI maka pemberian finger food bisa diberikan dengan ukuran yang mudah digenggam, tidak membuat tersedak dan teksturnya mudah lumer pada mulut bayi.

4. Memberikan Handuk Dingin

Memberikan handuk dingin merupakan salah satu cara untuk mengatasi bayi yang rewel saat mengalami pertumbuhan gigi. Ibu dapat menggunakan handuk bersih atau kain flanel yang didinginkan. Bayi yang sedang mengalami pertumbuhan gigi sangat senang dalam menggigit kain atau handuk yang dingin, karena kain memiliki sifat yang fleksibel dan mengikuti rongga mulut.

Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah pemilihan handuk. Handuk yang dipakai harus memiliki bulu yang kuat dan pendek untuk mengantisipasi benang handuk termakan oleh bayi.

5. Obat Khusus Untuk Bayi Tumbuh Gigi

Jika masih rewel. tak ada salahnya membeli pasta gigi pereda nyeri khusus untuk gusi bayi. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan obat tersebut pada gusi bayi. Cara kerja obat ini sama seperti obat bius oles. Setelah gusi dioleskan obat, maka gusinya akan menjadi mati rasa dan bayi dijamin tidak rewel lagi.

6. Konsultasi Ke Dokter

Jika anak sering rewel dan menangis, disertai dengan demam, idealnya bunda  membawa sang buah hati ke dokter, supaya mendapat penanganan yang tepat.

Baca juga Penyebab Bibir Bayi Berwarna Hitam dan Penanganannya

Demikian pembahasan mengenai Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi, semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

===========Iklan Google== =========