Tips Jitu Agar Bayi Cepat Berbicara

Tips Agar Bayi Cepat Berbicara

Berbicara merupakan salah satu cara bayi untuk berkomunikasi dengan sang ibu dan dunia sekitarnya. Pada umumnya bayi mulai bisa berbicara pada usia 4 – 6 bulan walaupun hanya mampu mengucapkan satu atau dua patah kata.

Dan saat bayi berusia 7 – 10 bulan, ia mulai bisa berbicara dengan banyak kosa kata baru, karena di usia ini ia telah memiliki memori untuk merekam kata yang ia dengar dengan lebih sempurna. Kemudian, pada umur 1 – 3 tahun, ia mulai pandai berbicara dan dapat menirukan percakapan orang – orang disekitarnya.

Setiap anak tentunya memiliki waktu perkembangan yang berbeda – beda. Apabila anak anda belum bisa berbicara sampai umur 2 tahun, kemungkinan ada yang salah dengan cara anda mengajarinya. Nah untuk itu, sebaiknya simak dan tips agar bayi cepat berbicara, berikut ini.

1. Sering mengajak bayi berbicara

Mengajak bayi berbicara sejak lahir merupakan salah satu tips agar bayi cepat berbicara. Peran ibu disini sangat dibutuhkan, dengan aktif mengajak bayi berbicara secara rutin. Walaupun bayi belum bisa menjawabnya, namun terdapat sel – sel syaraf otak yang mampu menangkap sinyal tersebut dan menyimpannya kedalam memori bayi. Dengan demikian, ibu diharapkan aktif dalam mengajak bayi berbicara.

2. Menyanyikan Lagu Anak

Selain mengobrol dengan anak, ibu juga bisa memberikan lantunan lagu untuk mempercepat bayi agar bisa berbicara. Pemilihan lagu juga harus disesuaikan dengan usia anak, Lebih baik lagu yang dinyanyikan bertemakan agama atau berisi ilmu pengetahuan. Waktu yang cocok untuk mengajak bayi bernyanyi adalah ketika sedang bersantai atau malam sebelum tidur. Selain dengan bernyanyi sendiri, ibu bisa memberikan lagu lewat musik atau video dari ponsel.

3. Mendongengkan Cerita

Mendongengkan cerita adalah salah satu cara agar bayi cepat berbicara. Pemilihan tema cerita yang bisa didongengkan yaitu cerita legenda, kisah – kisah nabi dan para sahabatnya, kisah tentang hewan (fable) dan lain – lain. Ketika membacakan dongeng, lebih baik ibu membawakan cerita tersebut dengan pelan dan berekspresi sehingga mampu menarik perhatian dari bayi.

4. Memahami Ekspresi dan Bahasa Tubuh Bayi

Seorang bayi memang belum bisa berbicara dengan benar. Ia hanya bisa menangis, merengek dan kadang menggunakan bahasa tubuh. Untuk itu, para ibu harus telaten dalam mengartikan bahasa tubuh bayi. Jika bayi meminta sesuatu dengan cara menangis, hendaknya ibu menunjukkan suatu benda dan mengatakan secara berulang seperti “mau boneka? Boneka?”. Hal tersebut dapat membuat bayi akan mengerti bahwa benda tersebut adalah boneka.

5. Mengucapkan Kosakata yang Mudah Dipahami

Seorang ibu hendaknya mengajarkan anak berbicara dengan kosakata yang mudah dipahami. Hal tersebut disebabkan oleh bayi yang belum bisa memahami kosakata yang rumit. Selain itu, ibu juga jangan mengucapkan kata – kata kotor dihadapan bayi, karena akan memberi pengaruh buruk pada bayi.

6. Mengajak Bayi Bersosialisasi

Dengan bersosialisasi tentunya dapat membantu bayi agar cepat berbicara. Ibu bisa membawa anak ketika berkumpul bersama keluarga, tetangga ataupun teman kantor. Selain itu, ketika bayi sudah menginjak umur 1 tahun, ibu dapat mengikut sertakan anak untuk bermain dengan teman sebayanya. Metode ini tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan berbicara, tetapi juga bisa menambah kepercayaan diri bagi anak.

7. Memberikan Asupan Nutrisi yang Tepat

Pemberian asupan nutrisi juga berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Untuk bayi yang berusia 0 – 6 bulan lebih baik ibu memberikan ASI secara eksklusif karena ASI memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi perkembangan syaraf motorik dan sensorik bayi. Selain itu, ibu juga bisa memberikan makanan pendamping seperti ikan salmon, sayuran, buah dan makanan sehat lainnya.

Baca juga :

Manfaat Penting ASI untuk Bayi Baru Lahir

Penyebab Bibir Bayi Berwarna Hitam dan Penanganannya

Nah, itulah diatas beberapa tips agar bayi cepat berbicara. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

===========Iklan Google== =========