Manfaat Penting ASI untuk Bayi Baru Lahir, yang Tak Tergantikan Oleh Apapun

Penting ASI untuk Bayi Baru Lahir

Air susu ibu atau ASI merupakan asupan makanan pertama yang di anjurkan untuk dikonsumsi bayi. Jadi bisa dibilang, ASI eksklusif menjadi investasi yang amat penting bagi seorang ibu, demi kebaikan buah hatinya. ASI dianjurkan untuk di beri full kepada bayi sat usia 0-6 bulan, tanpa adanya tambahan makanan pendamping dalam bentuk apapun. Kandungan zat yang terdapat pada ASI diyakini memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan bayi.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beragam manfaat penting ASI untuk bayi baru lahir yang sebaiknya bunda ketahui :

Baca juga : 8 Manfaat Melakukan Pijat Bayi secara Rutin

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat penting ASI bagi bayi baru lahir sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh bayi. Memberikan ASI secara eksklusif membantu bayi dalam melawan beragam penyakit ketika bayi dewasa nanti, karena kandungan di dalam ASI terdapat antibodi yang tentunya mendukung bagi peningkatan kekebalan tubuh bayi.

2. Membangun hubungan emosional yang baik

Dengan memberikan ASI, berarti Anda telah melakukan hubungan yang baik dan jauh lebih dekat dengan sang buah hati. Kedekatan yang terjadi akan sangat bermanfaat bagi bayi untuk mendapatkan rasa nyaman dan ketenangan saat menerima asupan makanan langsung dari seorang ibu.

3. Menambah Kecerdasan pada Anak

4. Orangtua mana yang tidak mengingkan jika sang buah hati nantinya menjadi cerdas dan pintar. Dan faktanya, kecerdasan yang dimiliki seorang anak dipengaruhi juga dengan pemberian ASI dimasa petumbuhan bayi. Asam lemak yang terdapat pada ASI ibu inilah yang membantu proses tumbuh kembang otak bayi. Selain itu, dengan memberikan ASI eksklusif juga membantu perkembangan penglihatan bayi dengan baik.

5. Makanan yang sesuai dengan pencernaan bayi

Manfaat ASI untuk bayi baru lahir lainnya yaitu kerena ASI hanya dalam bentuk cairan, maka ASI satu satunya makanan yang tepat bagi pencernaan bayi. Ukuran lambung bayi yang baru lahir adalah sebesar mainan kelereng, masih lemah dan memerlukan dukungan makanan yang baik dan benutrisi seperti ASI. Dengan ukuran lambung yang kecil, ASI yang dapat dikonsumsi bayi pun hanya sebanyak 2-3 cc.

6. Menjaga Berat Badan Bayi

Berat badan yang ideal tentunya banyak diinginkan oleh setiap ibu yang memiliki bayi. Dengan rutin memberikan ASI pada bayi akan membantu berat badan bayi tetap terjaga dalam keadaan normal. Hal ini karena di dalam ASI terkandung nutrisi yang seimbang sehingga membantu menjaga berat badan bayi. Selain itu juga, pemberian ASI tidak akan membuat bayi mengalami obesitas.

7. Meningkatkan Cepat Tanggap Bayi

ASI selain merupakan makanan ang baik dan steril dapat juga membantu sang buah hati menjadi aktif dan cepat tanggap. Anda dapat melihat pebedaan ang jauh antara bai ang sejak awal diberikan ASI eksklusif  oleh sang ibu dengan anak yang memang sejak awal diberikan susu formula. Perkembangan keduanya dapat terlihat jelas ketika anak akan merespon sesuatu dan menerima sebuah stimulus dari lingkungan mereka. Meskipun susu formula juga baik bagi anak ketika sudah tidak mengkonsumsi ASI.

Baca juga : Ingin Bayi Bisa Cepat Berbicara, Ikuti tips ini

Nah ulasan diatas merupakan bukti tentang banyaknya manfaat penting ASI untuk bayi baru lahir. Usahakan saat bayi Anda berada pada usia 0-6 bulan untuk tidak menambahkan susu formula atau asupan lain. Cukup ASI eksklusif saja dan semua kebutuhan tubuh bayi sudah terpenuhi.

===========Iklan Google== =========