Inilah Tahapan Pembukaan Saat Proses Persalinan Normal

Tahapan Pembukaan Saat Proses Persalinan Normal Persalinan normal merupakan pilihan yang kerap dipilih banyak ibu hamil. Namun bukan berarti melakukan persalinan normal selalu berjalan dengan lancar. Oleh karena tak heran banyak bumil yang merasa takut menghadapinya, terlebih untuk yang baru pertama kali mengalami persalinan.

Nah, untuk menguatkan Anda, sebaiknya ketahui dulu beberapa tahapan pembukaan saat proses persalinan normal berikut ini. Agar ibu sudah punya gambaran dan menyiapkan diri sebaik mungkin.

1. Tahap Pembukaan 1

Pada tahap pembukaan 1 rahim ibu mulai terbuka sebesar 1 cm. Pada tahap pembukaan yang pertama ini disebut-sebut sebagai tahap pembukaan yang paling lama karena biasanya terjadi dalam beberapa hari bahkan beberapa minggu. Namun pembukaan pertama pada ibu kurang mengalami kontraksi, adapun hanya 2-6 jam saja. Ketika mengalami kontraksi maka ibu akan mengeluarkan lendir yang bercampur dengan bercak darah. Namun hal ini tidak akan mengganggu ibu untuk beraktivitas seperti biasanya.

2. Tahap pembukaan 2

Pada tahap pembukaan 2 rahim ibu mulai terbuka sebesar 2 cm. Kontraksi yang terjadi biasanya sekitar 6-10 jam dan terasa seperti saat menstruasi tiba. Ibu terkadang juga mengalami mual dan ingin muntah. Maka dari itu disarankan bagi ibu untuk tetap mengkonsumsi makanan yang ringan seperti roti, susu dan banyak minum air putih agar perut tetap terisi. Pada tahap pembukaan 2 janin masih belum bisa bergerak menuju jalan lahir dan ibu masih bisa melakukan jalan-jalan ringan.

3. Tahap Pembukaan 3

Pada tahap pembukaan 3 rahim ibu mulai terbuka sebesar 3 cm dan biasanya disebut dengan fase aktif. Kontraksi yang dirasakan oleh ibu juga semakin sering yaitu sekitar 30 menit sampai 1 jam sekali.  Pada tahap ini janin sudah mulai bergerak masuk ke rongga panggul, namun belum masuk secara signifikan.

4. Tahap Pembukaan 4

Tahap pembukaan 4 rahim ibu sudah terbuka sebesar 4 cm dan biasanya ditandai dengan pecahnya air ketuban karena mulut rahim mengalami penipisan. Pada tahap ini janin sudah mulai mendorong untuk ke bawah sekaligus jalan lahir sudah mulai terbuka lebar.

5. Tahap Pembukaan 5

Pada tahap ini rahim ibu sudah terbuka sebesar 5 cm dan frekuensi kontraksi berlangsung 1-5 menit dan ada juga yang sampai 1 jam. Pada pembukaan 5 ini kepala janin sudah mulai dalam posisi melintang dan berangsur-angsur menuju rongga panggul ibu.

6. Tahap Pembukaan 6

Pada tahap ini kontraksi ibu semakin kuat karena rahim sudah terbuka sebesar 6 cm dan frekuensi kontraksi mencapai 1-1,5 menit. Pada tahap ini kepala janin sudah masuk ke rongga panggul ibu seluruhnya.

7. Tahap Pembukaan 7

Rahim ibu sudah terbuka sebesar 7 cm dengan ditandai sering mengalami kontraksi selama 2-3 menit sekali. Pada tahap ini janin sudah mulai menghadap ke rektum ibu dan terus mendorong untuk menuju jalan lahir.

8. Tahap Pembukaan 8

Rahim ibu sudah mengalami pembukaan sebesar 8 cm dan disinilah ibu sudah mulai ada dorongan untuk mengejan. Janin pun juga sudah mulai turun melewati jalan lahir yang sudah mulai melebar.

9. Tahap Pembukaan 9

Pada tahap ini raim ibu sudah melebar sebesar 9 cm dan sebentar lagi jalan lahir akan terbuka dengan sempurna. Kontraksi akan terus terjadi pada ibu dan kepala janin sudah berada pada rongga panggul ibu.

10. Tahap pembukaan 10

Ini adalah tahapan terakhir di mana rahim sudah terbuka sebesar 10 cm, dan kepala janin sudah mulai terlihat. Sementara itu air ketuban terus keluar dan ibu mengalami kontraksi yang sangat hebat. Pada tahap ini dokter atau bidan sudah mengirim instruksi pada ibu untuk mulai mengejan.

Setelah melewati 10 tahapan pembukaan proses persalinan normal di atas, maka bayi yang selama ini sudah anda tunggu telah lahir di dunia.

Baca juga Penyebab Bibir Bayi Berwarna Hitam dan Penanganannya

Nah, itulah beberapa tahapan pembukaan saat proses persalinan normal yang memang harus dilalui oleh seorang ibu saat melahirkan buah hatinya. Semoga informasi di atas bermanfaat.

===========Iklan Google== =========