Hamil Pertama Kali ?? Berikut Tips Menghadapi Persalinannya

Menghadapi Persalinan Untuk Pertama Kalinya

Melahirkan merupakan salah satu kodrat dari wanita. Setelah melalui 9 bulan kehamilan, sekarang Anda hanya tinggal selangkah lagi untuk berjumpa dengan malaikat kecil Anda. Apalagi bila saat ini Anda tengah hamil anak pertama, pasti perasaan gugup dan takut tentang persalinan akan mendera.

Baca juga Tips Ampuh Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Nah, agar Anda dapat lebih rileks, sebaiknya Anda mengetahui beberapa tips menghadapi persalinan untuk pertama kalinya berikut ini :

1. Lakukan Riset Proses Melahirkan yang Anda Inginkan

Tips menghadapi persalinan untuk pertama kalinya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu tentang proses melahirkan yang Anda inginkan. Pastikan Anda juga mendiskusikan hal ini dengan suami dan membaca info seputar epidural dan induksi, mulai dari prosedur, efek samping obat-obatan, manfaat melahirkan normal jika dibanding dengan operasi caesar.

2. Buat Birthing Plan Secara Detail

Birthing plan merupakan selembar kertas berisi wishlist dan rincian rencana tentang apa yang ingin Anda dapatkan dan lakukan saat melahirkan. Misalnya Anda ingin persalinan secara natural dengan water immersion, apakah Anda bersedia melakukan emergency C-section jika proses melahirkan di ambang darurat, dan juga keinginan suami untuk menemani Anda selama proses persalinan serta saat proses pemotongan ari-ari.

Tulislah hal-hal tersebut pada selembar kertas dan diskusikan dengan dokter kandungan. Apabila birthing plan sudah disetujui bersama, minta tanda tangan dokter dan copy kertas tersebut. Berikan satu rangkap pada klinik dokter kandungan dan satu rangkap Anda bawa ke Rumah Sakit pada saat akan melahirkan. Hal ini termasuk tips menghadapi persalinan untuk pertama kalinya yang perlu Anda terapkan.

3. Ikuti Senam Hamil dan Couple Class

Untuk mempersiapkan diri Anda serta pasangan secara mental dan fisik, maka sebaiknya Anda mengikuti kelas senam hamil dan couple class. Hal ini akan melatih Anda dan suami tentang pain management, postur-postur, pernapasan dan pijatan untuk mengurangi sakit.

Sangat penting bagi suami Anda untuk mengetahui cara bernapas yang benar ketika terjadi kontraksi karena nantinya Anda akan terfokus pada rasa sakit sehingga melupakan teknik-teknik pernapasan tersebut. jadi, suami akan menjadi pemandu cara bernapas untuk mengurangi rasa sakit Anda.

4. Untuk Membantu Pembukaan serta Mengurangi Rasa Sakit, Gunakan Pose Yoga

Tips menghadapi persalinan untuk pertama kalinya adalah dengan memilih pose yoga yang mudah Anda ingat untuk dilatih bersama suami secara rutin. Namun, yang terpenting metode pijatan dari suami untuk mengurangi rasa sakit.

5. Napas

Napas merupakan teman terbaik ketika proses kontraksi hingga melahirkan. Oleh sebab itu, dengan bernapas yang baik, Anda dapat mengendalikan rasa sakit, menjadi lebih tenang sehingga bayi Anda akan merasakan pengalaman kelahiran yang menyenangkan dan menenangkan.

6. Olah Suara Anda Ketika Ingin Berteriak Akibat Rasa Sakit

Selain bernapas dengan baik, Anda juga perlu mengendalikan suara ketika mengalami kontraksi. Hindari berteriak secara histeris dan kencang karena akan menguras tenaga Anda dan dapat mempengaruhi bayi Anda.

Sebaiknya Anda mengeluarkan suara dengan huruf vokal O atau A menggunakan vibrasi, namun keluarkan dengan lembut supaya proses persalinan lebih tenang dan energi Anda tetap terjaga.

7. Tidur dan Tidur

Tidur merupakan salah satu tips menghadapi persalinan untuk pertama kalinya dan juga menjadi hal penting untuk mempersiapkan stamina Anda saat proses persalinan.

Setiap orang akan mempunyai pengalaman yang berbeda, namun memperbanyak tidur pada trimester akhir kehamilan dapat bermanfaat untuk menjaga stamina saat persalinan, memastikan Anda memiliki tenaga untuk menyusui sehabis melahirkan serta Anda dapat langsung begadang setelah bayi Anda lahir.

Baca juga : Tips Ampuh Mengatasi Bayi Rewel Saat Tumbuh Gigi

Itulah diatas beberapa tips menghadapi persalinan untuk pertama kalinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!

===========Iklan Google== =========