Inilah Tips Mencegah Berat Janin Berlebih Secara Aman

Tips Mencegah Berat Janin Berlebih Secara Aman

Memiliki bayi yang gemuk dan sehat adalah idaman semua orang tua. Oleh karena itu segala macam hal akan dilakukan, sejak awal kehamilan, mulai dengan memakan berbagai jenis makanan yang di yakini bisa menggemukkan janin, banyak minum manis, banyak minum air es, dan lain sebagainya.

Baca juga 4 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat dan Ampuh

Memang, menjaga berat badan janin, merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan janin. Akan tetapi perlu diketahui, jika tetap saja ada aturan atau standart berat janin yang sebaiknya bunda ketahui.

Karena berdasarkan kaca mata medis, berat janin berlebih bisa menimbulkan beragam  masalah, baik itu terhadap janin maupun berdampak pada ibunya. Salah satunya, menyebabkan bunda kesulitan dalam proses persalinan nantinya. Sehingga mau tidak mau persalinan di lakukan dengan jalan operasi.

Tips Mencegah Berat Janin Berlebih Secara Aman

Nah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya bunda lakukan beberapa tips mencegah berat badan janin berlebih secara aman, seperti yang telah kami rangkum berikut ini. Silahkan disimak.

1. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah

Memperbanyak asupan serat ketika masa kehamilan sangatlah disarankan. Hal ini untuk mengantisipasi sembelit yang sering menjadi salah satu masalah pada ibu hamil. Selain itu mengonsumsi sayuran dan buah yang kaya akan serat akan membantu anda menjalani diet anda agar janin dalam kandungan anda tidak bertambah besar.

2. Membatasi asupan kalori

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan berat janin yang normal adalah dengan mengurangi asupan kalori. Makanan yang mengandung kalori tinggi ini biasanya terdapat pada makanan-makanan cepat saji ataupun gorengan. Minuman bersoda juga salah satu minuman yang memiliki kalori tinggi. Oleh karena itu, jika anda sedang menjalani masa kehamilan, lebih baik untuk membatasi asupan kalori anda.

3. Rutin berolahraga

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat baik untuk dilakukan. Bagi ibu hamil, melakukan olahraga sangatlah penting. Selain dapat menjaga kesehatan dan kebugaran ibu hamil, olahraga juga dapat merangsang janin untuk bergerak aktif sehingga dapat mengurangi berat janin bayi. Dan dengan berolahraga akan mempermudah janin masuk kedalam pinggul.

4. Memilih minuman yang bergizi

Bagi ibu hamil, memperhatikan apa saja yang dikonsumsinya sangatlah penting. Selain makanan, ibu hamil juga harus memperhatikan pula minuman yang dinikmatinya. Hal ini sebagai pemenuhan kebutuhan gizi ibu hamil dan juga janin. Selain itu, minuman yang bergizi juga dapat membantu ibu hamil mencegah dehidrasi. Beberapa minuman bergizi yang dapat anda konsumsi adalah susu dengan rendah lemak, jus buah segar dan masih banyak lagi.

5. Konsultasi dan pemeriksaan secara teratur

Mengunjungi dokter atau bidan untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan sangat dianjurkan bagi ibu hamil. hal ini untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu hamil dan janinnya. Selain itu, dengan pemeriksaan ini juga bisa mengetahui jika terjadi permasalahan mengenai kehamilan ataupun janin ibu hamil.

Andai dari hasil pemeriksaan terjadi masalah kelebihan berat janin, tentu dokter akan menyarankan anda untuk melakukan diet sebagai langkah untuk mencegah berat janin berlebih. Dokter juga akan menyarankan beberapa cara yang bisa anda lakukan agar diet anda tidak begitu menyulitkan anda sebagai ibu hamil.

Baca juga Tips Mengatasi Pilek pada Bayi yang Benar dan Aman

Demikian pembahasan mengenai tips mencegah berat badan janin berlebih secara aman yang bisa anda jadinkan referensi untuk mengurangi berat janin. Selain beberapa cara diatas, tentunya masih banyak cara lain yang bisa anda lakukan. Tetapi, pastikan cara-cara yang akan anda lakukan itu aman dan tidak berdampak buruk bagi sang buah hati.

===========Iklan Google== =========