Inilah 4 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat dan Ampuh

4 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat dan Ampuh

Orang tua yang memiliki bayi tentunya sering khawatir dengan kesehatan bayinya. Terlebih untuk orang tua yang baru mempunyai bayi. Perlu diketahui, kesehatan bayi dapat diukur dari berat tubuhnya, jika terlalu kurus maka sangat mungkin bayi tersebut menderita kekurangan gizi. Untuk itu, sebagai orangtua yang bijak harus berusaha melakukan berbagai cara supaya berat badan bayi naik.

Cara Ampuh Menaikkan Berat Badan Bayi

Baca juga Tips Agar Bayi Bisa Cepat Berbicara,

Nah, berikut kami bagikan 4 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat dan Ampuh Silahkan disimak :

1. Meningkatkan Kuantitas dan Kualitas ASI

ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga berusia 6 bulan. Maka dari itu, ibu harus berupaya dalam meningkatkan kualitas serta kuantitas ASI agar bisa menaikkan berat badan sang buah hati. Untuk menjaga kualitas ASI, ibu harus mengonsumsi makanan yang bergizi, menerapkan pola hidup sehat dengan istirahat yang cukup serta harus bisa mengendalikan stress.

Dalam memberikan ASI, ibu tidak boleh membatasi jumlah ASI yang diberikan supaya kebutuhan ASI cukup untuk bayi. Ibu harus peka terhadap bayinya. Jika bayi menangis, seringkali karena ia membutuhkan asupan ASI. Tetapi, tangisan bayi tidak selalu memiliki arti ingin diberi ASI. Maka dari itu, insting ibu sangat dibutuhkan dalam merawat bayi.

2. Pemberian MPASI

MPASI adalah makanan pendamping ASI yang dibutuhkan untuk bayi yang berusia 6 bulan keatas. Pertumbuhan dan perkembangan bayi pada usia tersebut lebih mudah berkembang, sehingga dibutuhkan asupan nutrisi yang cukup. Dengan demikian, pemberian MPASI yang bergizi tinggi sangatlah dianjurkan dan harus sesuai dengan usia bayi.

Makanan pendamping ASI bisa berupa bubur saring, bubur nasi tim serta nasi biasa untuk bayi berusia satu tahiun keatas. Disampiing itu, makanan bergizi lain yang bisa menjadi makanan pendamping ASI adalah ikan , telur, tahu, tempe, bayam, wortel dan makanan sehat lainnya.

Pemberian MPASI pada bayi sangat berbeda sesuai dengan usianya. Untuk bayi yang baru belajar makan, dapat memulai dengan satu kali sehari dan bertambah secara bertahap hingga memenuhi kebutuhan sebanyak 3 kali sehari. Untuk bisa menambah berat badan pada usia 11 – 12 bulan, maka bayi dapat diberikan MPASI sebanyak 2 – 3 kali sehari dengan porsi sekitar 100 – 125 cc atau setara dengan setengah gelas.

3. Jenis Makanan Penambah Berat Badan

Kandungan gizi di setiap makanan pasti berbeda – beda. Sehingga, memerlukan perhatian khusus pada kandungan gizi pada makanan bayi. Jika ingin menaikkan berat badan bayi, ibu bisa memvariasikan menu MPASI dengan memperhatikan komposisi gizi dalam makanan. Makanan pendamping harus meliputi karbohidrat, lauk yang mengandung protein, dan sayuran yang memiliki serat dan vitamin yang tinggi

Perbandingan yang disarankan antara karbohidrat : sayur dan protein adalah 50:50. Contohnya adalah nasi tim sebanyak 4 sendok ditambah dengan 2 sendok lauk dan 2 sendok sayuran. Selain itu, ibu juga bisa menambahkan cemilan sehat pada bayi di sela – sela pemberian MPASI, dengan memberikan buah yang kaya kalori seperti pisang, alpukat, dan daging kelapa muda.

4. Cukup Tidur

Bayi yang memiliki waktu tidur yang cukup tentunya memiliki stamina yang terjaga. Saat bayi tertidur, pertumbuhan bayi berlangsung dengan giat. Aktivitas bayi memang penting, namun jika waktu tidur bekurang maka akan menghambat pertumbuhan bayi serta dapat mengakibatkan berat badan menjadi turun. Dengan demikian, ibu harus menjaga waktu tidur yang cukup bagi bayi.

Baca juga

Tips Menghentikan Cegukan pada Bayi Secara Cepat dan Aman

Tips Mengatasi Pilek pada Bayi yang Benar dan Aman

Demikian informasi diatas mengenai 4 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat dan Ampuh. Nah, semoga informasi tersebut bisa bermanfaat.

===========Iklan Google== =========