Tips Menghentikan Cegukan pada Bayi Secara Cepat dan Aman

Cegukan seringkali dialami oleh siapa saja, baik itu pada anak, orang tua dan bahkan pada bayi. Cegukan yang dialami oleh bayi pada dasanya adalah reaksi yang wajar terhadap suatu kondisi tertentu dan tidak memiliki pengaruh buruk. Cegukan bukanlah salah satu indikasi kalau bayi Anda mengalami penyakit serius.

Cegukan umumnya terjadi karena adanya penurunan suhu secara tiba-tiba yang terjadi pada bayi. Hal ini terjadi karena beberapa hal, misal saat mandi dengan air  yang terlalu dingin atau terkena udara dingin, posisi menyusui yang salah, atau bisa juga karena bayi sedang mengalami stress.

Lantas bagaimana cara aman menghentikan cegukan pada bayi? Nah, anda tidak perlu panik, berikut beberapa cara yang bisa meminimalisir dan menghentikan cegukan pada bayi. Silahkan disimak.

 

1. Memberikan ASI

Memberikan bayi ASI menjadi salah satu cara untuk menghentikan cegukan pada bayi. Degan cara ini, akan membantu bayi untuk bersendawa. Bersendawa akan mengerluarkan angin berlebih yang ada di dalam perut bayi, yang mana biasanya udara yang terdapat dalam perut bayi merupakan pemicu bayi mengalami cegukan. Selain itu, sendawa juga membantu merilekskan otot diafaragma yang tegang.

2. Atur posisi saat menyusui

Posisi saat menyusui dapat berpengaruh untuk menghentikan cegukan pada bayi. Terkadang ketika memberikan bayi ASI, secara tidak sadar, udara juga akan ikut masuk dan tertelan oleh bayi. Maka, ubahlah posisi saat Anda akan memberikan ASI pada bayi agar dapat meminimalisir udara yang tertelan oleh bayi.

3. Tepuk Punggung bayi

Sebelum Anda menepuk punggung sang buah hati, maka buatlah bayi Anda menjadi tenang. Setelah itu, posisikan bayi dalam posisi berdiri dan gendong dengan bayi berada pundak Anda. Kemudian berikan tepukan lembut pada punggung bayi untuk menhentikan cegukan.

4. Atur Jadwal Makan Bayi

Ketika bayi mengalami cegukan, jangan berikan bayi makanan secara terus menerus. Namun, usahan untuk mengatur pola makan buah hati Anda. Pemberian makan jua perlu diperhatikan, yaitu berikan makan bayi ketika bayi lapar dan hentikan makan saat bayi kenyang. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kebiasaan cegukan yang terjadi pada bayi dan mengurangi masalah pada lambung seperti muntah.

5. Berikan Pelukan pada Bayi

Pelukan ternyata mampu memberikan rasa nyaman pada bayi dan hal ini dapat membantu bayi dalam mengurangi cegukan yang dialami. Memeluk bayi dalam waktu beberapa menit yang Anda lakukan akan biasanya akan membuat cegukan hilang dan kembali ke keadaan normal.

6. Buat Bayi Anda Tenang

Saat Anda akan menghentikan cegukan pada bayi Anda, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menenangkan bayi Anda. Usahakan bayi Anda tidak dalam keadaan gelisah ataupun menangis. Karena ketika bayi dalam keadaan seperti itu, maka udara akan terus menerus masuk dan menambah lama waktu bayi cegukan. Dalam keadaan tenang cegukan bayi akan secara perlahan berhenti dibantu dengan memeberikan usapan pelan pada pungung bayi.

7. Pilihlah Botol Susu yang baik dan tepat

Memilih botol susu juga berpengaruh saat anak Anda cegukan. Usahakan Anda memilih botol susu yang memiliki lubang dot yang kecil, hal ini bertujuan agar bayi dapat mengatur ritme saat minum susu dan tidak mengalami cegukan.

Baca juga kapan sebaiknya bayi di bolehkan minum air putih

Nah, untuk para ibu dan calon ibu, jangan panik ketika anak mengalami cegukan, karena cegukan merupakan gejala normal yang kerap tejadi pada bayi. Beberapa tips diatas dapat dilakukan untuk membantu bayi Anda saat cegukan. Semoga bermanfaat dan silahkan dicoba Bunda.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini

===========Iklan Google== =========