Inilah Beberapa Fungsi Penting Asam Folat bagi Ibu Hamil

Vitamin B9 atau yang banyak dikenal dengan sebutan asam folat tentunya sudah tidak asing lagi bagi para ibu. Asam folat merupakan bagian yang penting ibu hamil dan pertumbuhan bayi yang ada dalam kandungan. Kecukupan nutrisi pada ibu hamil dan calon bayi sangat dibutuhkan, salah satunya untuk meminimalisir terjadinya cacat lahir.

Asam folat banyak ditemui pada beberapa makanan yang mengandung biji-bijian dan sayuran hijau, seperti bayam, kacang hijau, brokoli. Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan asam folat pada ibu hamil dapat juga mengkonsumsi makanan sereal yang kaya akan kandungan asam folat.

Nah, berikut kami akan bagikan secara rinci terkait fungsi asam folat bagi ibu hamil. Silahkan disimak.

1. Membantu Bayi Agar Terlahir Normal

Setiap ibu tentunya menginginkan sang buah hatinya bisa terlahir normal dan sehat. Nah, dengan memenuhi kebutuhan asam folat sesuai standart yang diharuskan, dapat membantu bayi dalam menjaga berat berat, terhindar dari bayi lahir prematur, terhindar dari erkembangan buruk saat dalam rahim, hingga meminimalisir terjadinya keguguran.

2. Membantu Mencegah Kerusakan Otak

Fungsi asam folat bagi ibu hamil lainnya yakni dapat membantu mencegah kerusakan otak. Sebab, asam folat akan membantu otak pada janin berkembang dengan baik, sehingga bayi dapat tumbhh kembang dengan maksimal.

3. Meningkatkan Sel Darah Merah

Bukah hal yang aneh saat ibu hamil mengalami kondisi kekurangan darah merah. Walau ini hal yang sering terjadi pada bumil atau ibu hamil, tetap saja kondisi ini tidak baik untuk sang ibu, karena dapat mengganggu aktivitas dan pertumbuhan janin yang sedang dalam kandungan. Dengan pemenuhan kebutuhan sel darah merah yang didapat dari asupan asam folat, ibu hamil akan lebih kebal terhadap serangan penyakit, terhindar dari anemia atau kekurangan darah merah, rasa lelah dan lemah, serta keletihan.

4. Terhindar dari Cacat Lahir

Mengkonsumsi makanan  yang mengandung asam folat dapat membantu tubuh dalam menghasilkan dan membentuk sel-sel baru dengan maksimal/baik.

 5. Membantu Pertumbuhan Syaraf Bayi

 Asupan makanan yang baik tentunya akan menghasilkan bayi yang lahir dalam keadaan baik serta sehat. Dan terkait hal itu, asupan asam folat dapat membantu perkembangan syaraf bayi menjadi maksimal. Para calon ibu perlu mengetahui bahwa asam folat dapat mencegah terjadinya kerusakan pada tabung syaraf otak bayi. Karena jika sampai terjadi kerusakan pada syaraf akibatnya pun bisa sangat fatal, bayi akan terlahir cacat dan terjadi kerusakan pada sumsum tulang belakang bayi.

6. Mencegah Keguguran

Asam folat juga dapat membantu ibu hamil dalam mencegah keguguran. Khususnya pada smester awal, diminggu ke 3-4 dimana pada masa itu kandungan masih sangat rentan. Minggu pertama di bulan petama merupakan masa dimana sangat riskan dengan terjadinya keguguran. Ibu hamil dianjurkan untuk terus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, bila perlu konsumsi makanan yang mengandung asam folat sebulan sebelum Anda hamil, atau di saat Anda memutuskan program hamil.

Nah sekarang sudah tahu kan apa saja fungsi asam folat bagi ibu hamil? Oya, porsi asupan asam folat yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil adalah sekitar 400 gram per hari pada 3 bulan pertama kehamilan, 600 gram pada bulan keempat sampai bulan kesembilan, dan tetap mengkonsumsi asam folat selama Anda menyusui. Kadarnya pun tidak jauh dari porsi saat Anda hamil yaitu sekitar 500 gram per hari. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Baca juga makanan terbaik untuk ibu hamil agar kulit bayi bersih

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan anda

disini..

===========Iklan Google== =========