Tips Mengatasi Pilek pada Bayi yang Benar dan Aman

Seringkali perubahan cuaca yang tidak menentu membuat daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun, begitu pula yang terjadi pada bayi. kondisi seperti itu membuat bakteri dan kuman dengan mudah berkembang biak dan mengganggu kesehatan si kecil. Alhasil, tubuh menjadi rentan terkena sakit seperti batuk, pilek, hingga demam.

Salah satu penyakit yang sering melanda bayi adalah pilek. Pilek merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri hingga membuat hidung menjadi infeksi. Ketika si kecil mengalami hal ini, tentu orang tua menjadi khawatir karena aktifitas si kecil menjadi terganggu. Dan seringkali para orangtua menempuh jalan pintas yaitu dengan memberikan si kecil obat penghilang pilek yang kebanyakan mengandung bahan kimia.

Padahal, para orangtua tak perlu terlalu khawatir berlebihan ketika si kecil mengalami pilek. Nah, berikut ini beberapa hal aman yang dapat Anda lakukan, saat pertama kali mengetahui si kecil mengalami gejala pilek:

Tips Mengatasi Pilek Pada Bayi Secara Aman

Pertama, untuk mengatasi pilek pada bayi adalah jika usia si kecil dibawah 1 tahun, maka Anda perlu memberikan asupan ASI yang lebih banyak. Kandungan antibodi yang ada pada ASI dapat sangat membantu si kecil dalam memulihkan daya tahan tubuhnya. Jika si kecil terbiasa  dengan susu formula, maka tetap berikan susu formula agar tidak terjadi dehidrasi, meskipun antibodi yang tekandung pada susu formula tidak alami seperti ASI.

Kedua, usahakan jangan biarkan si kecil terus berada pada ruangan yang ber-AC. Anda bisa menggunakan pelambab udara atau humidifier dengan menambahkan aroma minyak kayu putih sebagai tambahan agar bayi dapat tidur dengan nyaman dan memberikan ketenangan pada bayi.

Ketiga, mengeluarkan lendir yang terdapat pada hidung bayi juga sangat membantu dalam mengatasi pilek pada bayi. Karena lendir yang terdapat pada hidung bayi akan menyebabkan bayi susah untuk bernafas dan sulit untuk tidur. Untuk mengeluarkan lender Anda bisa menggunakan alat khusus atau dengan memasukkan setetes air ke hidung si kecil kemudian miringkan ketika tidur. Maka lendir biasanya akan kelaur dengan sendiri.

Keempat, salah satu manfaat pijat bayi yang perlu diketahui adalah mampu membantu Anda mengatasi pilek pada bayi. Dengan melakukan pijatan pada bagian tertentu akan membuat bayi menjadi nyaman dan tidur si kecil pun menjadi pulas. Pijatan yang dilakukan dengan benar juga membantu si kecil mengeluarkan dahak serta memberikan sebuah rangsangan hingga membuat daya tahan tubuh bayi menjadi jauh lebih baik.

Kelima, saat akan tidur, usahan kepala bayi lebih tinggi dari badan. Posisi tidur seperti ini membuat si kecil bisa bernafas lebih baik. Tetap perhatikan posisi kepala si kecil agar tidak dalam posisi tegak. Dengan begitu, si kecil dapat menikmati tidur secara normal dan memiliki cukup waktu untuk tidur.

Keenam, tetap menjaga kebersihan tangan dan lingkungan Anda. Karena bagaimanapun, pilek merupakan penyakit yang gampang menular. Hal ini bertujuan agar saat Anda menggendong atau membersihkan lendir pada hidung bayi, kotoran yang melekat pada tangan Anda tidak berpindah pada si kecil, begitupun sebaliknya.

Baca juga Pantangan merawat bayi yang baru saja lahir

Melalui cara-cara aman  diatas, di yakini bisa mengatasi mengatasi pilek pada bayi. Jadi jangan terburu-buru memberinya obat kimia. Dan jika setelah melakukan cara diatas pilek belum sembuh, maka bisa dipertimbangkan untuk membawanya ke dokter. Nah, semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini

===========Iklan Google== =========