Penyebab Bibir Bayi Berwarna Hitam dan Penanganannya

Bibir bayi berwarna hitam – Bibir dapat mengindikasikan kesehatan tubuh anak, khususnya bayi. Jika warna bibir bayi berubah menjadi hitam, kemungkinan ia mengalami gangguan kesehatan yang bisa saja serius. Maka dari itu, sebagai orang tua tidak boleh meyepelekan kondisi tersebut, idealnya segera bawa ke pihak medis untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan. Sebenarnya bibir hitam pada bayi tidak selalu merupakan indikasi berbahaya, ada kalanya karena faktor pigmen kulit, atau faktor cuaca. Namun agar lebih amannya sebaiknya dipastikan dulu.

Nah untuk menambah wawasan anda, berikut ini kami bagikan penjelasan mengenai  hal apa saja yang menjadi penyebab bibir bayi hitam dan solusi penanganannya. Silahkan disimak.

Penyebab Warna Bibir Bayi Menjadi Hitam

  1. Terdapat Kelainan Jantung

Salah satu penyebab bibir bayi berubah warna menjadi hitam adalah adanya masalah jantung atau kelainan jantung bawaan. Hal ini menyebabkan pasokan oksigen dalam tubuh menjadi berkurang. Selain timbul perubahan warna pada bibir bayi, tanda kekurangan oksigen dalam tubuh yaitu bibir kebiruan/kehitaman, badan membiru, kuku berubah menjadi kebiruan, dan bayi mengalami sesak napas. Kelainan jantung dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga tumbuh kembang anak menjadi lambat. Selain itu, anak yang memiliki kelainan jantung dapat menyebabkan berat badan menjadi sulit naik.

  1. Masa Pemberian ASI

Salah satu penyebab bibir bayi menghitam kemungkinan disebabkan oleh masa pemberian ASI. Hal ini disebabkan oleh aktivitas aktif pada bibir saat proses menyusui. Sehingga, menyebabkan bibir bayi mengalami perubahan warna menjadi hitam.

  1. Alergi

Penyebab lain dari perubahan warna pada bibir bayi bisa berupa alergi. Alergi yang dimaksud adalah alergi terhadap makanan atau minuman yang diberikan pada bayi atau alergi lainnya. Selain itu, kemungkinan bayi anda juga memiliki alergi terhadap ASI. Maka, ibu diharapkan berkonsultasi kepada dokter tentang alergi yang diderita pada anak.

  1. Dehidrasi

Dehidrasi adalah suatu keadaan dimana tubuh mengalami kekurangan cairan. Jika hal tersebut terjadi pada bayi, ibu hendaknya memberikan cukup cairan dengan pemberian ASI secara eksklusif. Pemberian ASI disarankan setiap 2 jam sekali agar terhindar dari dehidrasi.

  1. Iritasi

Bayi memang rawan terhadap iritasi, karena kulit bayi sangat sensitif. Untuk menghindari terjadinya iritasi, ibu hendaknya memberikan tempat atau pakaian yang bersih pada bayi. Hal ini dapat mengurangi terjadinya iritasi pada bayi yang baru lahir. Jika iritasi terus berlanjut, ibu disarankan untuk membawa anak ke dokter agar segera ditangani sesuai prosedur medis.

  1. Gangguan Pernapasan

Bayi yang memiliki gangguan pernapasan dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir bayi. Jika terdapat keluhan lain seperti bayi mengalami sesak napas, sebaiknya ibu segera berkonsultasi kepada dokter. Karena, bisa berdampak buruk pada bayi.

Solusi Bibir Bayi Menghitam

  1. Mencukupi Kebutuhan Cairan Bayi

Bayi juga perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya. Jika bayi kekurangan cairan maka akan mengalami dehidrasi. Hal ini dapat ditangani dengan pemberian ASI secara eksklusif.

  1. Hindari Memberikan Madu Pada Anak

Jika ibu sudah menangani bibir anak yang hitam dengan madu, maka akan menyebabkan hal buruk terjadi pada anak. Sebaiknya ibu tidak memberikan madu untuk anak yang berusia dibawah 1 tahun. Karena bisa menyebabkan anak akan mengalami keracunan makanan. Karena pencernaan pada bayi belum mampu melawan kuman yang terdapat pada madu.

  1. Segera Bawa Ke Dokter

Sebaiknya ibu segera membawa anak ke dokter perihal perubahan warna pada bibir anak. Jika tidak segera dilarikan ke dokter, maka akan berdampak buruk pada kesehatan anak. Bayi juga akan mengalami beberapa pemeriksaan terkait perubahan warna pada mulut tersebut.

Nah, itulah beberapa penyebab bibir hitam pada bayi dan penanganannya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca juga

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini

===========Iklan Google== =========