Inilah Obat Batuk yang Ampuh untuk Bayi dan Aman Tanpa Efek Samping

Obat Batuk yang Ampuh untuk Bayi – Batuk merupakan reaksi yang wajar pada tubuh bayi. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi batuk yang dialami oleh bayi, bisa karena virus, adanya infeksi pada saluran pernapasan, ataupun penurunan daya tahan tubuh bayi.

Kekhawatiran sering melanda seorang ibu ketika sang buah hati mengalami keluhan batuk ini. Namun, perlu dipahami bagi para ibu yang memiliki bayi, bahwa tidak semua obat yang dijual secara bebas akan aman bagi bayi Anda. Karena seperti yang kita tahu, yang namanya bayi masiha belum kuat daya tahan tubuhnya. Jika sampai salah memberi obat, sangat mungkin membuat kondisi bayi bertambah parah.

Nah mengenai keluhan batuk, berikut kami telah rangkum beberapa obat batuk yang ampuh untuk bayi yang bisa Anda berikan pada sang buah hati :

1. ASI

Salah satu obat batuk untuk bayi yang aman adalah ASI (air susu ibu). Pada usia 1 sampai 6 bulan bayi akan secara terus menerus diberikan ASI sebagai asupan makanan tanpa pemberian makanan lainnya. Dengan memperbanyak asupan ASI pada bayi akan membantu bayi Anda melawan berbagai jenis virus, bakteri, parasit yang dapat mengganggu daya tahan tubuh bayi. ASI juga dapat membantu tumbuh kembang bayi dengan cepat dan memenuhi kebutuhan nutrisi bayi dengan baik.

2. Madu

Sejak dulu, madu telah dijadikan pilihan obat yang dapat dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, salah satunya bagi bayi. Namun, pemberian madu secara langsung, baiknya diberikan untuk bayi diatas usia 1 tahun. Untuk bayi yang usianya dibawah 1 tahun, pemberian madu sebagai obat dapat dilakukan dengan cara mencampurkan ½ sendok teh madu dengan air panas, dibiarkan bebeapa saat agar dingin kemdian diberikan kepada bayi.

Selain itu, madu juga dapat dicampurkan pada makanan bayi seperti pada buah-buahan atau bubur bayi. Jika bayi ada berusia diatas 1 tahu, Anda dapat menambahkan jeruk nipis sebagai tambahan obat batuk untuk bayi yang aman.

3. Minyak Kayu Putih

Obat batuk untuk bayi yang aman lainnya adalah minyak kayu putih. Minyak kayu putih dapat Anda gunakan pada bayi dengan cara rutin mengoleskanya pada malam hari di bagian punggung, telapak tangan maupun dada bayi. Dengan begitu, dapat membantu menghangatkan tubuh dan melegakan tenggorokan si kecil.

4. Jemur Bayi dibawah Sinar Matahari

Sinar matahari banyak mengandung vitamin D yang tidak hanya membantu pertumbuhan tulang pada bayi, namun juga dapat membantu bayi untuk mengurangi batuk yang dialami. Jemur bayi dibawah sinar matahari dengan posisi telungkup, hal ini dapat membantu bayi dalam mengeluarkan dahak yang mengganggu, mengurangi pilek, dan meringankan pilek. Namun perlu diingat, jangan terlalu lama menjemur bayi dibawah sinar matahari karena dapat merusak kulit bayi.

5. Memijat Bayi dengan Daun Kemangi

Mungkin banyak dari para ibu yang tidak tahu manfaat dari daun kemangi sebagai obat batuk untuk bayi yang aman. Kandungan senyawa dan aroma yang dihasilkan dari daun kemangi dapat mengeluarkan dahak dan meringankan batuk bayi. Caranya mudah, cukup dengan mengusapkan daun kemangi secukupnya yang telah dihaluskan pada punggung dan dada bayi.

Baca juga Penyebab Bibir Bayi Berwarna Hitam dan Penanganannya

Nah itulah diatas beberapa obat batuk yang ampuh untuk bayi  yang bisa Anda coba lakukan ketika bayi mengalami batuk, sekaligus sebagai bentuk pertolongan pertama sebelum Anda membawa sang buah hati ke dokter. Selamat mencoba dan semoga buah hati tercinta anda bisa segera sembuh batuknya.

===========Iklan Google== =========