Inilah Cara Mengetahui Total Tunggakan BPJS Kesehatan

Cara Mengetahui Total Tunggakan BPJS Kesehatan

Salah satu kewajiban bagi peserta BPJS Kesehatan Mandiri adalah setiap bulan di haruskan membayar iuran BPJS Kesehatan sesuai kelas yang diambil saat pendaftaran. Iuran tersbeut di bayar paling lambat di tanggal 10 setiap bulannya.

Baca juga : Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1, Kelas 2 dan Kelas 3

Artinya setiap peserta BPJS Keshetan Mandiri di haruskan membayar iurannya sebelum tanggal 10 di setiap bulannya. Jika peserta menunggak satu bulan saja maka secara otomatis kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan anda akan nonaktif.

Walaupun saat ini denda sudah dihapus, tidak membayar iuran bulanan bukan cara untuk berhenti dari kepesertaan, mungkin ada orang yang masih menganggap dengan menghentikan iuran akan berhenti menjadi peserta bpjs, itu salah besar, karena jika iuran tidak dibayar maka total tunggakan akan terus membesar dan kartu akan diblokir, apalagi sekarang sistem pembayaran iuran bpjs menggunakan sistem va keluarga, iuran harus dibayarkan dalam 1 kali transaksi untuk seluruh anggota keluarga, jadi jika terjadi tunggakan dalam waktu yang lama, maka konsekuensinya anda harus membayar tunggakan secara sekaligus untuk seluruh anggota keluarga dan tidak bisa perorang.

Tidak masalah jika terlambat hanya 1 bulan atau 2 bulan, barangkali masih dalam jangkauan, namun bagaimana jika tunggakan sampai 1 tahun bahkan ada yang sampai 2 tahun tentu total tunggakan akan semakin besar, apalagi 2019 nanti dicanangkan semua warga negara indonesia harus sudah menjadi peserta bpjs, dan jika ada yang belum menjadi peserta maka akan mempersulit dalam mendapatkan pelayanan publik seperti membuat, sim, ktp, izin bangunan dan layanan publik lainnya.

Untuk anda yang masih memiliki tunggakan sebaiknya bayar dan lunasi dari sekarang, karena jika dibiarkan terus tunggakan anda akan semakin membesar dan pada akhirnya anda harus membayarnya, daripada menunggu nanti lebih baik bayar dari sekarang. tapi sebelum membayar pastikan jumlah tunggakan yang harus dibayar, cara paling mudah untuk mengetahui total tagihan tunggakan bpjs keseahtan adalah secara online. yang akan saya jelaskan di bawah ini

Cara Mengetahui Total Tunggakan BPJS Kesehatan

Sebenarnya untuk mengetahui jumlah tunggakan sudah saya tulis di artikel sebelumnya mengenai cara cek tagihan bpjs, namun untuk lebih memperkaya informasi saya tulis ulang di artikel berikut tentang cara mengetahui total tunggakan bpjs secara online.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buka situs cek pembayaran tagihan bpjs yang disediakan oleh situs resmi bpjs-kesehatan.go.id, akan tampil seperti gambar di bawah ini:

cek tagihan dan status pembayaran iuran bpjs

2. Anda akan diminta untuk memasukan data sebagai berikut:

  • No Kartu BPJS, isi dengan nomor kartu bpjs anda.
  • Tanggal Lahir, masukan tanggal lahir sesuai dengan yang tertera di kartu BPJS.
  • Angka Validasi, isikan angka yang nampak pada gambar di atasnya
Jika data sudah diisi maka silahkan tekan tombol Cek, sistem akan melakukan proses pengecekan tagihan, silahkan tunggu sampai selesai.
Anda akan melihat informasi data peserta BPJS yang bersangkutan meliputi:
  • Nama Peserta
  • Nomor Peserta
  • Status Kepesertaan
  • Jenis peserta
  • Jumlah anggota keluarga
  • Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga informasi tanggal pembayaran terakhir. seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
informasi status kepesertaan dan tagihan bpjs
Jika peserta memiliki tunggakan maka status kepesertaan akan nonaktif, dan jika tidak memiliki tunggakan status kepesertaan akan dalam keadaan aktif.
Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Mengetahui Total Tunggakan BPJS Kesehatan, Semoga informasi ini bisa bermanfaat.
===========Iklan Google== =========