Melakukan Pijat Bayi secara Rutin ?? Inilah 8 Manfaatnya

8 Manfaat Melakukan Pijat Bayi secara Rutin – Pijat bayi bertujuan memberikan stimulasi yang dapat membantu petumbuhan dan pekembangan bayi melalui kombinasi gerakan seperti gerak, raba dan gerakan lainnya. Sentuhan atau pijatan yang dilakukan oleh seorang ibu akan memberikan stimulasi kasih sayang yang penting untuk pekembangan komunikasi sang buah hati.

Baca juga Tips Mengatasi Pilek pada Bayi yang Benar dan Aman

Pijat bayi atau yang dikenal dengan sebutan stimulasi pijat ini, idealnya di lakukan dalam keadaan yang menyenangkan, agar bayi rileks dan menikmati dengan nyaman setiap pijatan yang di berikan. Dan akan lebih bagus lagi jika saat pemijatan di barengi dengan stimulasi lain, misalnya suara musik yang menenangkan.

Nah untuk lebih jelasnya terkait 8 manfaat melakukan pijat bayi secara rutin, berikut kami bagikan informasi selengkapnya. Silahkan di simak bunda.

8 Manfaat Pijat Bayi secara Rutin

1. Mempelancar Sistem Pencernaan dan Mengurangi beberapa Penyakit

Dengan melakukan pijatan bayi secara rutin, maka akan membantu menjaga kesehatan pencernaan bayi Anda. Masalah yang sering kali muncul seperti perut kembung, diare, maupun sembelit dapat terbantu dengan melakukan pijatan pada bayi.

2. Meningkatkan sistem kekebalan Tubuh

Manfaat pijat bayi juga berpengaruh bagi peningkatan kekebalan tubuh sang buah hati. Sehingga bisa lebih tahan dari beragam gangguan penyakit-penyakit ringan saat cuaca kurang bersahabat dan juga mampu melawan bakteri jahat pada tubuh.

3. Mengurangi Frekuensi Tangisan pada Bayi

Biasanya bayi yang kerap menangis pasti mengalami kondisi yang tidak nyaman. Baik karena masalah pencernaan atau kelelahan. Manfaat pijat bayi ini dapat memberikan perasaan tenang pada bayi dan membuat otot-otot bayi menjadi lebih rileks.

4. Membuat Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Baca juga Posisi Tidur yang Baik Untuk Bayi Sesuai dengan Usianya

Manfaat pijat bayi lainnya adalah dapat mengoptimalkan waktu tidur sang buah hati. Adanya pijatan-pijatan lembut pada bayi yang dilakukan oleh sang ibu dapat membatu bayi untuk tidur nyenyak di malam hari.

5. Mempererat Hubungan Kasih Sayang antara Anak dan Ibu

Secara tidak sadar, pijatan dari seorang ibu dapat memberikan dampak yang baik bagi sang buah hati. Salah satunya adalah memberikan ketenangan dan bayi akan memberikan respon yang menyenangkan seperti bayi akan tersenyum, tertawa, atau berceloteh ria.

6. Proses Belajar Bayi Semakin Cepat

Pijatan yang baik dan tepat bisa bermanfaat dalam peningkatan kinerja indera pendengaran serta penglihatannya. Dengan melakukan pijatan rutin juga meningkatkan daya ingat bayi sehingga menjadi lebih cepat tanggap dan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

7.  Membuat kulit menjadi lebih lembut.

Sentuhan minyak yang dipakai saat melakukan pemijitan akan membuat kulit bayi menjadi lebih lembut dan halus. Kebaikan vitamin yang tekandung di dalam minyak bayi dapat juga membantu menyehatkan kulit bayi.

8. Membantu Menguatkan otot

Manfaat pijat bayi lainnya yang tak kalah penting adalah, bisa menguatkan otot. Baik itu otot tangan, kaki dan lainnya. Selain menguatkan pijat bayi juga bisa membuat otot menjadi lebih lentur. Sehingga akan lebih kuat saat belajar  merangkak bahkan berjalan.

Memijat bayi tidak harus mendatangi dukun pijat atau seorang terapis, karena sebenarnya bunda sendiri bisa kok melakukannya. Contohnya setelah bayi dimandikan, bunda bisa mengolesi sang buah hati dengan minyak telon, kemudian di pijit perlahan dengan lembut mulai dari hingga berakhir pada bagian punggungnya.

Jika bayi menangis di tengah-tengah pijatan, maka sebaiknya  hentikan dulu lalu gendong supaya berhenti nangisnya. Baru kemudian dilanjut lagi pemijatannya. Intinya, buat bayi nyaman dan rileks dengan pijatan Anda.

Baca juga 4 Cara Menaikkan Berat Badan Bayi dengan Cepat dan Ampuh

Demikianlah pembahasan mengenai 8 manfaat melakukan pijat bayi secara rutin, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

===========Iklan Google== =========