Inilah Penyebabnya Virtual Account Tidak Terdaftar Saat Membayar iuran

Virtual account merupakan nomor referensi peserta ketika akan mengaktifkan kartu peserta maupun membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Nomor Virtual Account tersebut di dapat saat peserta mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan baik secara online maupun offline.

Namun seiring berjalannya waktu banyak peserta yang mengeluhkan ketika mau membayar BPJS Kesehatan ternyata No Virtual Account tidak aktif atau tidak terdaftar, padahala nomor yang di masukkan sudah pasti benarnya dan sudah sesuai prosedur. Seperti keluhan beberapa peserta yang di kutip dari beberapa sumber seperti dibawah ini :

kartu-bpjs-kesehatan

  • Saya sudah mendapatkan virtual account melalui pendaftaran secara online dan virtual account dinyatakan aktif, tetapi ketika ingin melakukan pembayaran via ATM Virtual Account tersebut dinyatakan “Tidak terdaftar / Salah”. 
  • Kenapa sampai dengan saat ini virtual acount yang saya terima masih belum aktif/terdaftar saat saya akan melakukan pembayaran pertama via ATM BNI

Apa yang sebenarnya terjadi pada No Vortual Account tersebut, lalu bagaimana solusi menyelesaikan masalah ?

Penyebab No virtual Account tidak terdaftar

Ketika anda mau membayar iuran BPJS Kesehatan untuk pertama kalinya, pastikan anda sudah memenuhi aturan dasar yang di berlakukan oleh BPJS sebagai berikut :

  • 1). Sejak 1 Juni 2015, BPJS Kesehatan telah memberlakukan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pembayaran Iuran bagi Peserta Pekerja Penerima Upah (PBPU) dan Peserta Bukan Pekerja (BP).
  • 2). Dalam peraturan tersebut iuran pertama paling cepat dapat dibayarkan setelah 14 (empat belas) hari kalender sejak calon peserta menerima nomor virtual account (VA) saat selesai melakukan proses pendaftaran, dan paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender setelah menerima virtual account untuk mendapatkan hak dan manfaat jaminan kesehatan. Selama 14 hari tersebut BPJS Kesehatan melakukan proses administrasi kepesertaan, verifikasi data kependudukan, penyiapan fasilitas kesehatan tingkat pertama, dan penerbitan kartu peserta. Kartu Identitas Peserta BPJS Keseahtan dapat langsung digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan setelah diterbitkan/dicetak.

Berdasarkan aturan diatas sudah jelas bahwa kemungkinan penyebab tidak aktifnya No virtual account anda saat melakukan pembayaran iuran bPJS Kesehatan untuk pertama kalinya yaitu anda melakukan pembayaran sebelum 14 hari sejak no virtual account di terima.

Oleh sebab itu, supaya pembayaran iuran BPJS Kesehatan anda dapat di lakukan, sebaiknya anda membayar iuran BPJS  setelah 14 hari sejak no virtual account di terima atau selambat-lambatnya 30 hari setelah no virtual account di terima.

Baca juga harga iuran BPJS kelas 1, kelas 2 dan kelas 3

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bisa bermanfaat. Salam…

===========Iklan Google== =========