Ketahui !!! Penyebab Bayi Sulit Tidur dan Cara Jitu Mengatasinya

Penyebab bayi susah tidur dan cara mengatasinya – Waktu tidur bayi memang tidak memiliki jadwal yang tetap seperti orang dewasa, sehingga ia bisa terbangun, dan juga tidur kapan saja. Namun, tidak memungkinkan bahwa bayi juga mengalami kesulitan tidur. Sehingga mau tidak mau, sebagai orang tua harus terjaga sepanjang malam demi menemaninya yang sulit tidur.

Lantas, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab bayi sulit tidur? Nah berikut kami bagikan ulasannya.

Penyebab susah tidur

1. Haus dan lapar

Seringkali bayi mendadak terbangun dan langsung menangis di tengah-tengah tidurnya, dan itu adalah hal yang wajar. Mungkin karena merasa haus atau lapar atau mungkin karena ada suara keras yang mengagetkannya. Namun sayang, banyak orang tua yang tidak mengerti arti dari tangisan bayi ketika bangun. Oleh karenanya, untuk mengantisipasi bayi bangun karena lapar atau haus sebaiknya, sebelum tidur di pastikan telah makan dengan kenyang dan minum yang cukup.

2. Memakai popok basah

Menggunakan popok basah akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Sehingga tak heran, bayi menjadi terbangun ditengah tidur pulasnya. Jika sudah begitu, maka ibu harus cepat – cepat mengganti popok yang baru, agar dia merasa nyaman kembali.

 3. Terlalu banyak bermain

Bayi yang terlalu banyak/capek beraktivitas pada pagi, siang atau sore harinya, juga bisa menyebabkan susah tidur pada malam hari. Hal ini mungkin disebabkan karena terlalu capek sehingga justru membuatnya sulit memejamkan mata. Untuk itu, para ibu diharapkan membatasi aktivitas bermainnya agar tidak berlebihan.

4. Pakaian yang tidak nyaman

Bayi memang memiliki kepekaan terhadap benda yang ia pakai. Contohnya terkait pakaian yang dikenakan. Jika ia tidak nyaman, tentunya ia akan sulit untuk tidur. Maka dari itu, para orang tua diharapkan untuk memilih pakaian yang tepat, dengan kain yang halus serta bersih untuk sang buah hati.

5. Kondisi tubuh yang tidak segar

Kondisi bayi yang tidak fit, juga menjadi salah satu penyebab bayi kesulitan tidur. Tubuh bayi yang lengket karena keringat atau udara di dalam kamar yang pengap membuat bayi tidak nyaman dan mengalami kesulitan tidur. Oleh karena itu, sebaiknya setiap sore hari ibu memandikan bayi guna menjaga tubuhnya  tetap segar dan bersih.

Tips mengatasi bayi yang susah tidur

1. Lakukan hal yang disukainya

Para ibu diharapkan memiliki kegiatan rutin sebelum tidur guna mempermudah bayi dalam memejamkan mata. Rutinitas tersebut bisa berupa ucapan selamat tidur, membacakan buku dongeng, menyanyikan lagu, atau hal lain yang membuat bayi nyaman.

2. Memberi barang favoritnya

Biasanya kebanyakan bayi memiliki barang favorit yang ia bawa ketika akan tidur. Mungkin berupa boneka, selimut favorit dan lainnya. Nah, jika mengetahui hal tersebut, pastikan bunda selalu menyiapkan barang tersebut saat dia berangkat tidur.

3. Usahakan ruangan bayi tidak senyap

Idealnya kamar tidur bayi diusahakan agar tidak terlalu senyap. Karena menurut penelitian, hal itu bisa menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan akan susah untuk tidur. Memang, banyak orang tua yang menganggap bayi akan tertidur jika dalam suasana tenang, dan nyatanya itu salah. Justru ruangan yang senyap akan membuat bayi mudah terbangun oleh suara – suara kecil.

4. Mengatur posisi tidur yang nyaman

Posisi tidur bayi yang tepat membuat ia nyaman dan pulas tidurnya. Dan begitupun sebaliknya. Jadi, saat melihat bayi anda sulit tidur, bunda bisa mengecek posisinya, mungkin saja posisi tersebut yang menjadi pemicunya, jadi segera ganti posisinya, yang bisa membuatnya nyaman.

Nah, itulah diatas terkait penyebab bayi sulit tidur dan tips mengatasinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca juga pantangan merawat bayi baru lahir

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaannya

disini..

===========Iklan Google== =========