1 September, Berlaku Sistem Baru Pembayaran Iuran BPJS Kesehatan

bpjs-kesehatan

BPJS Kesehatan, per tanggal 1 september 2016 resmi mengumumkan kebijakan baru mengenai pembayaran iuran peserta BPJS Kesehatan. Dimana sebelumnya pembayaran menggunakan No peserta pribadi, akan tetapi sekarang menggunakan No Virtual Acount Kartu keluarga, maksudnya sebagai berikut :

Dalam satu keluarga ( satu Kartu Keluarga) yang menjadi peserta BPJS Kesehatan terdiri dari :

  1. Ayah
  2. Ibu
  3. Anak 1
  4. Anak 2

# Jika ayah akan membayar iuran BPJS Kesehatan, maka total tagihan yang muncul merupakan akumulasi dari tagihan satu keluarga (tagihan ayah, ibu, anak 1 dan anak 2), sehingga pembayaran untuk anak dan ibu tidak perlu dilakukan pembayaran lagi. Kalau sistem pembayaran yang dulu jika ayah membayar tagihan iuran BPJS Kesehatan, maka tagihan yang muncul hanya untuk tagihan ayah saja, sedangkan ibu dan kedua anaknya membayar tagihan sendiri-sendiri.

# Jika anak akan membayar iuran BPJS Kesehatan, maka tagihan yang muncul tetap satu keluarga tetapi nama peserta yang muncul di pos kasir adalah nama kepala keluarga bukan nama anak tersebut.

Jadi, cukup satu kali transaksi dari salah satu no VA peserta JKN-KIS dalam satu keluarga, untuk pembayaran semua anggota keluarga.

Sistem pembayaran iuran BPJS Kesehatan seperti ini di maksudkan supaya peserta lebih mudah dalam membayar iuran, tidak perlu membayar masing-masing. Cukup satu peserta yang membayar dalam satu keluarga, semuanya sudah lunas.

Tinggalkan Balasan