7 Tips Mengatasi Susah Tidur Pada Istri Saat Hamil Tua

ibu-hamil

Gangguan tidur saat malam hari merupakan salah satu keluhan bagi setiap wanita yang sedang hamil, terutama bagi wanita yang hamil yang usia kandungannya mencapai 7 bulan atau lebih. Tak sedikit yang mengeluhkan tidak bisa tidur di malam hari karena merasakan perut yang semakin membesar, rasa nyeri pada punggung, merasakan keram pada kaki, hidung tersumbat, sering buang air kecil dan sebagainya.

Bagi para ibu hamil, berikut ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk membantu anda tidur dengan mudah dimalam hari :

1. Atur Posisi Tidur yang Nyaman

Seorang ibu yang hamil, posisi tidur sangat mempengaruhi kenyamanan dalam tidur. Atur posisi badan sedemikian nyaman bila perlu tambahkan bantal untuk mendapatkan posisi tersebut.

2. Atur rutinitas waktu tidur.

Saat hamil tua, jangan pernah merubah siklus waktu tidur karena ini akan membuat anda susah tidur dimalam hari. Bila perlu tidur lebih banyak, disarankan untuk tidur di siang hari. Hindari waktu-waktu tidur yang kurang baik seperti sore hari,

3. Kurangi Stress

Ketika malam tiba, sebaiknya anda jangan memikirkan banyak hal. Terlalu banyak pikiran akan membuat anda susah tidur. Usahakan sebelum tidur anda mencari hiburan di televisi atau jalan-jalan bareng suami.

4. Atur Pola Makan

Salah satu penyebab insomnia adalah perut kosong di malam hari. Jika anda merasa lapar dan tidak mengingikan makan yang berat (nasi), cobalah anda memakan biskuit. Kemudian hindari minuman yang mengandung alkohol dan kafein karena akan menyebabkan insomnia

 

5. Praktikkan Teknik Relaksasi.

Ibu hamil juga perlu melakukan teknik relaksasi dirumah, hal ini dapat membantu ibu hamil menenangkan pikiran dan membuat otot – otot tubuh menjadi lebih rileks dan santai. Seperti melakukan teknik pemijatan, perenggangan, atur pernapasan atau yoga, Teknik relaksasi ini juga untuk membantu mencegah kram dan mengurangi ketegangan

6. Mengubah Suasana Kamar

Bila perlu suasana kamar sering dirubah, seperti posisi tempat tidur yang menghadap ke barat kemudian dirubah menghadap kekiri, Posisi lampu tidur dll.

7. Senantiasa Bergerak.

Seorang ibu yang sedang hamil, sangat di anjurkan untuk banyak bergerak seperti jalan-jalan santai, olahraga ringan, perenggangan dsb.

Nah, jika beberapa tips diatas masih belum menemukan hasil, sebaiknya anda minta bantuan dengan konsultasi ke bidan atau dokter kandungan terdekat.

===========Iklan Google== =========

Tinggalkan Balasan