Apa Saja yang Menjadi Penyebab Wanita Susah Hamil?

Penyebab wanita susah hamil – Memiliki keturunan pasti menjadi impian bagi hampir semua pasangan yang telah menikah. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa mendapatkannya dengan cepat seperti yang diinginkan. Terkadang, karena suatu hal, momongan yang ditunggu-tunggu tak kunjung hadir. Meskipun tidak selalu berdampak serius, tetapi hal ini sangat mungkin bisa menjadi pemicu keretakan hubungan rumah tangga, khususnya bagi  mereka yang sudah lama menikah namun belum ada tanda-tanda kehamilan.

Lantas, sebenarnya apa saja sih yang menjadi penyebab wanita susah hamil? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

 Faktor Penyebab Wanita Susah Hamil

  • Menunda kehamilan terlalu lama

Seringkali wanita lebih memilih menunda kehamilannya hanya demi mengejar karir. Namun, wanita lupa jika pada usia 30-40 tahun merupakan masa-masa dimana seorang wanita cenderung lebih sulit mendapatkan keturunan.

Hal ini dikarenakan produksi sel telur yang mengalami penurunan pada usia-usia tersebut. Selain itu, kehamilan pada usia tersebut juga memiliki resiko yang cukup tinggi. Sehingga untuk anda, wanita yang sudah menikah diharapkan tidak menunda-nunda untuk memiliki momongan.

  • Stress

Jika tidak dapat dikelola dengan baik, ternyata stress juga memiliki dampak yang cukup fatal. Tidak hanya pada kejiwaan seseorang, terhadap organ reproduksi pun stress juga memiliki andil terhadap tertundanya seseorang dalam memiliki momongan. Hal ini dikarenakan stress dapat mempengaruhi penurunan kualitas hubungan suami istri dan juga gangguan spermatogenesis ataupun gangguan ovulasi.

  • Gaya hidup

Dizaman yang serba instan ini, banyak sekali orang yang melakukan segala pemenuhan kebutuhannya dengan yang serba instan. Tak terkecuali untuk urusan perut. Dikarenakan kesibukan yang tidak terelakkan, banyak orang yang lebih memilih hidangan-hidangan cepat saji sebagai jalan pintas mengisi perut mereka. Padahal, perlu anda ketahui bahwa hidangan cepat saji ini kuranglah sehat karena mengandung bahan pengawet.

Apalagi untuk anda yang sedang menjalankan program kehamilan, tentu hidangan diatas sangatlah tidak disarankan. Selama masa persiapan kehamilan, anda diharapkan mengonsumsi berbagai makanan segar yang kaya akan vitamin dan protein serta terhindar dari berbagai macam bahan kimia. Tentu hal ini bertujuan untuk kesehatan anda dan calon janin yang akan anda kandung.

Selain masalah makanan, anda juga harus selektif terhadap hal-hal lain seperti menjauhkan diri atau tidak mengonsumsi minuman keras atau alcohol. Batasi pula konsumsi kafein anda mulai dari kopu, teh, soda dan beberapa obat pereda nyeri tertentu. Karena menurut hasil penelitian, beberapa minuman diatas jika dikonsumsi dalam jumlah yang tak terbatas pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko keguguran.

  • Kelelahan yang berlebihan

Tidak hanya pria, saat ini wanita juga berbondong-bondong ingin terjun dalam dunia bisnis. Seringkali para wanita tidak menyadari bahwa mereka telah melakukan berbagai hal yang melebihi kapasitas diri sendiri. Kelelahan yang berkelanjutan ini bisa menjadi salah satu penyebab wanita susah hamil. Oleh karena itu, bagi anda yang sedang melakukan program kehamilan ada baiknya untuk menjaga kebugaran tubuh anda agar segera mendapatkan momongan.

  • Kualitas Sperma

Selain beberapa factor diatas, ternyata kualitas sperma juga menjadi salah satu factor penyebab wanita susah hamil. Sehingga selain mengoreksi penyebab anda susah hamil, ada baiknya jika anda juga melakukan tes laboratorium pada sperma pasangan anda. Dari hasil tes ini, akan anda ketahui bagaimana kualitas sperma dari pasangan anda.

Itulah diatas ulasan mengenai penyebab wanita susah hamil. Tentunya penjabaran diatas hanya sebagian dari beraneka macam penyebab wanita susah hamil. Jika anda ingin segera mendapatkan momongan, tak ada salahnya mencoba mengunjungi dokter spesialis kandungan untuk mengkonsultasikan masalah anda.

Baca juga 5 tips agar istri cepat hamil

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaanya

disini…

===========Iklan Google== =========