Berikut Ini Tips Ampuh Menjaga Janin Agar Sehat dan Kuat di Trimester Pertama

Tips Menjaga Janin Agar Sehat dan Kuat di Trimester Pertama

Trimester pertama merupakan masa-masa yang sangat rawan terjadinya keguguran. Untuk anda yang tidak tahu apa itu trismester pertama, yang dimaksud trismester pertama adalah saat usia kandungan masih berumur antara 1 bulan hingga 3 bulan atau yang biasa orang-orang sebut juga dengan hamil muda.

Supaya masa trimester pertama ini bisa dilalui dengan lancar, tentunya ibu hamil harus benar-benar bisa menjaga dirinya dan juga kandungannya dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, sebaiknya simak dan terapkan beberapa tips menjaga janin supaya sehat dan kuat di trimester pertama seperti yang telah kami rangkum berikut ini.

1. Selalu Jaga Pikiran Supaya tidak Stress

Adalah hal yang wajar jika ibu hamil mengalami gangguan emosi cukup sering. Hal ini tidak lain karena adanya pengaruh hormon yang membuat ibu hamil bisa stres dengan mudah. Nah, inilah yang harus dihindari karena stres adalah sesuatu yang tidak baik yang bisa mengganggu pertumbuhan janin serta meningkatkan resiko bayi terlahir dengan berat badan rendah.

2. Usahakan untuk Cukup Tidur

Adalah hal yang wajar pula jika ibu hamil mengalami kesulitan untuk tidur dengan baik. Tetapi dengan tidur ini adalah suatu keharusan supaya janin bisa tumbuh dengan baik. Diantara beberapa caranya adalah dengan mengatur tempat tidur supaya bisa menjadi lebih nyaman atau bisa juga dengan memakan sedikit saja makanan yang hambar saat hendak pergi tidur.

Namun, lebih penting dari itu, dukungan pasangan lah yang akan membuat berbagai cara yang telah ditempuh lebih efektif.

3. Hindari Guncangan dan Jangan Duduk ataupun Berdiri Terlalu Lama

Tips yang selanjutnya adalah hindari guncangan, apapun jenisnya. Mengapa? Karena guncangan yang cukup keras apalagi yang sangat keras bisa mengakibatkan ibu mengalami kontraksi pada rahimnya yang dapat mengakibatkan keguguran.

Selanjutnya adalah sekalipun sedang hamil muda, ibu juga sangat disarankan untuk tidak duduk terlalu lama karena ini akan meningkatkan resiko obesitas. Dan jangan pula berdiri terlalu lama, karena ini akan membuat rahim terlalu tegang yang bisa membuat ibu mengalami kontraksi atau kram yang bisa memicu keguguran.

4. Atasi Morning Sicknes dengan Cara yang Sehat

Kemudian, jika ibu mengalami morning sickness, atasilah dengan cara-cara yang sehat, seperti yang tercantum dalam poin-poin di bawah ini:

  • Lebih sering mengkonsumsi makanan yang rasanya hambar
  • Hindari makanan dengan karbohidrat yang berlebihan
  • Hindari makanan pedas, makanan yang berbau tajam dan makanan yang digoreng
  • Makanlah dengan porsi yang sedikit tetapi lebih sering supaya pencernaan ibu tetap sehat
  • Makanlah dengan teratur supaya tidak terkena maag
  • Usahakan agar perut tidak merasa lapar secara berlebihan

5. Hindari Makanan Mentah, Makanan Fermentasi dan Makanan Laut

Trimester pertama juga sangat rentan untuk terkena penyakit infeksi yang sumbernya adalah kuman, virus dan bakteri, baik yang ada pada makanan maupun lingkungan. Sehingga untuk mencegah hal ini, ibu hamil bisa menghindari makanan mentah. Tak hanya makanan mentah saja, ibu hamil juga sebaiknya menghindari makanan fermentasi seperti keju dan lain-lain.

Kemudian ibu hamil juga sangat disarankan untuk menjauhi makanan laut sementara waktu, karena besar kemungkinan makanan laut ini mengandung merkuri yang bisa membuat ibu hamil terkontaminasi. Akibatnya adalah, resiko janin lahir cacat semakin meningkat.

Itulah beberapa tips menjaga agar janin sehat dan kuat di trimester pertama. Untuk penerapannya sesuaikan dengan keluhan yang terjadi, karena pada dasarnya setiap ibu hamil memiliki kondisi yang berbeda. Semoga bermanfaat dan silahkan diterapkan.

===========Iklan Google== =========