Cara Jitu Membedakan Kontraksi Asli dan Palsu

Kontraksi merupakan salah satu tanda bahwa janin yang akan anda kandung akan segera lahir ke dunia. Namun tahukah anda bahwa tidak semua kontraksi itu menandakan bahwa janin akan segera lahir.

Lalu bagaimana agar anda bisa membedakan kontraksi asli dan palsu tersebut?. Nah, berikut kami bagikan tipsnya. Silahkan disimak.

Tips Membedakan Kontraksi Asli dan Palsu dari Ciri-Cirinya

  1. Kontraksi Asli

Kontraksi asli merupakan tanda bahwa waktu persalinan semakin dekat, dan biasanya ibu akan merasakan ada sebuah tekanan yang kuat dari dalam rahim untuk m enuju ke bagian bawah. Biasanya kontraksi asli terjadi beberapa saat atau frekuensinya cepat dan sering. Kontraksi juga menandakan bahwa bagian mulut rahim ibu sudah mulai menipis dan siap untuk melahirkan. Adapun beberapa ciri-ciri kontraksi asli yang harus anda ketahui adalah sebagai berikut:

  • Kontraksi asli akan muncul dan terasa ketika kehamilan sudah memasuki usia 37- 40 minggu
  • Kontraksi muncul secara teratur yaitu mulai dari 30-60 detik sekali. Dan semakin lama durasi kontraksi akan semakin panjang
  • Perut mulai merasakan mulas yang luar biasa dari bagian pinggang sampai ke bagian bawah perut
  • Ketika kontraksi asli maka akan ada sesuatu yang keluar dari vagina dan juga diimbangi dengan kontraksi yang semakin kuat.
  • Kontraksi tidak akan hilang walaupun ibu merubah posisi tidur atau duduknya
  • Ketika mengalami kontraksi asli, maka akan keluar lendir kental yang berasal dari dalam vagina ibu tanda persalinan akan semakin dekat.
  1. Kontraksi Palsu

Untuk kontraksi palsu ciri-cirinya memang hampir sama dengan kontraksi asli, maka dari itu banyak sekali para ibu yang sering salah ketika mereka merasa sudah mulai mulas atau terasa sakit di bagian perut bawah. Padahal rasa sakit tersebut hanya sakit biasa dan tidak ada hubungannya pada keadaan janin yang ada di dalam rahim. Agar dapat membedakan mana kontraksi palsu dan mana kontraksi yang asli, maka sebaiknya anda sebagai calon ibu harus menyimak ciri-ciri kontraksi palsu berikut ini:

  • Akan terasa ketika kehamilan masuk pada minggu ke 20 atau trimester kedua. Namun ada juga yang muncul ketika proses persalinan semakin dekat.
  • Rasa mulas yang hebat pada perut mulai dari bagian atas rahim sampai ke bagian bawah, tapi tidak menimbulkan rasa nyeri
  • Muncul secara tidak teratur atau terkadang mucul dan terkadang juga akan hilang dengan sendirinya. Biasanya akan muncul setiap 2 menit sekali dan seterusnya.
  • Dalam sehari akan muncul sebanyak 1-2 kali saja
  • Rasa sakit akan hilang ketika ibu mengganti posisi semula. Misalkan mengganti posisi duduk menjadi berbaring atau sebaliknya. Jika rasa sakit hilang maka itu adalah kontraksi palsu, tetapi jika rasa sakit tak juga hilang, maka bisa jadi itu adalah tanda kontraksi asli.
  • Ada yang timbul bercak coklat dari dalam vagina, tetapi hal itu tidak menjadi tanda-tanda kelahiran. Tetapi bisa karena pemeriksaan dari dokter atau hubungan intp yang dilakukan 48 jam terakhir.

Nah, itu diatas adalah beberapa ciri-ciri yang bisa anda ketahui untuk membedakan kontraksi asli dan palsu. Kini anda tak perlu khawatir ketika mengalami kotraksi palsu karena bisa jadi itu hanya sakit perut biasa. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk para calon bunda.

Baca juga tips cepat hamil

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini..

===========Iklan Google== =========