Cara Jitu Mengatasi Air Liur Berlebih Saat Hamil

Cara Jitu Mengatasi Air Liur Berlebih Saat Hamil

Bagi wanita, kehamilan adalah salah satu bukti bahwa dirinya dipercaya Tuhan untuk mendapat titipan buah hati. Namun, masa-masa awal kehamilan seringkali membuat calon ibu merasakan berbagai perbedaan dalam tubuhnya. Mulai dari perubahan bentuk tubuh, berubahnya rutinitas, hingga berubahnya mood dalam diri.

Pada trimester pertama atau awal-awal kehamilan, perubahan dalam tubuh ibu sangatlah mencolok. Meskipun tidak semuanya, banyak ibu yang merasakan tidak nyamannya morning sickness hingga produksi air liur berlebih. Meskipun tak nyaman, nyatanya banyak ibu hamil yang harus melalui fase ini.

Penyebab air ludah berlebihan saat hamil

Nah, sebelum membahas bagaimana cara jitu mengatasi air liur berlebih saat hamil, ada baiknya kita ketahui dahulu penyebabnya, seperti yang telah kami rangkum berikut ini :

  • Morning sickness merupakan salah satu penyebab terjadinya produksi air liur berlebih. Hal ini dikarenakan respon dari tubuh akibat munculnya rasa mual dan muntah sehingga meningkatkan produksi air liur berlebih dalam rongga mulut.
  • Perubahan komposisi hormone dalam tubuh ketika hamil juga dapat menjadi penyebabnya. Perubahan hormone progesterone dan estrogen dalam tubuh dapat menyebabkan kelenjar untuk memproduksi air liur yang berlebih selama masa kehamilan. Terutama pada trimester awal.
  • Rasa tidak nyaman pada ulu hati. Rasa sakit di ulu hati menyebabkan cairan asam lambung yang bersifat asam ini naik, sehingga dapat memacu produksi air liur yang berlebih.

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, sekarang saatnya kita membahas cara mengatasi air liur berlebih saat hamil. Berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meminimalisir produksi air liur yang berlebih saat masa kehamilan.

Cara jitu mengatasi air liur berlebih saat hamil

1. Bersihkan rongga mulut secara rutin.

Setelah makan, hendaknya anda segera membersihkan rongga mulut anda dengan cara menggosok gigi dengan pasta gigi yang menyegarkan. Selain itu, anda juga bisa melakukan kumur-kumur dengan air putih atau obat kumur herbal agar rongga mulut anda selalu bersih sehingga dapat mengurangi mual yang menjadi pemicu produksi air liur berlebih.

2. Mengunyah permen karet

Mengunyah permet karet dengan aroma mint dapat membantu mengurangi mual dan produksi air liur berlebih. Usahakan permen tidak mengandung gula, karena gula dapat merangsang mual yang menyebabkan air liur berlebih.

3. Perbanyak konsumsi air

Minum adalah salah satu kebutuhan penting bagi ibu hamil. Kekurangan minum dapat menyebabkan dehidrasi pada ibu hamil, apalagi bagi ibu hamil di trimester pertama yang sering mual muntah. Selain itu, rongga mulut yang kering akibat kekurangan cairan dapat merangsang peningkatan produksi air liur.

5. Hentikan kebiasaan merokok

Merokok juga termasuk salah satu kebiasaan yang dapat meningkatkan produksi air liur berlebih. Selain itu, kebiasaan merokok juga sangat membahayakan bagi ibu hamil dan janin. Oleh karenanya, anda harus segera menghentikan kebiasaan ini mengingat resiko yang harus anda hadapi.

6. Berkumur-kumur dengan air dingin.

Cara lain yang bisa anda gunakan adalah dengan berkumur-kumur dengan air dingin atau menghisap batu es. Sensasi dingin yang dihasilkan dapat membantu meminimalisir produksi air liur serta memberikan rasa nyaman dalam rongga mulut.

7. Menghisap aroma menyegarkan

Aroma segar yang dimiliki jeruk dapat mengurangi rasa mual yang menjadi pemicu produksi air liur berlebih. Sehingga salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan wewangian dengan aroma-aroma segar seperti jeruk untuk mengatasi mual dan air liur berlebih anda.

Demikian diatas ulasan mengenai cara jitu mengatasi air liur berlebih saat hamil. Semoga saran diatas dapat membantu anda ketika menghadapi masalah tersebut. Jangan lupa untuk selalu merawat/menjaga kesehatan serta kebersihan gigi dan mulut.

Baca juga Tips Menghilangkan Lemak Setelah Persalinan

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini…

===========Iklan Google== =========