Iniloh Manfaat Pentingnya Berbicara Pada Janin Saat Dalam Kandungan

Manfaat Pentingnya Berbicara Pada Janin

Masa kehamilan adalah masa yang sangat menyenangkan. Hal ini karena dalam waktu beberapa bulan kedepan, anda akan memiliki anggota keluarga baru yang tentu saja, kehadirannya sangat ditunggu-tunggu oleh semua anggota keluarga.

Dan tahukah anda, ternyata calon anggota baru keluarga anda ini sudah bisa anda ajak berkomunikasi sejak didalam kandungan. Namun, karena kesibukan atau kurangnya pengetahuan, banyak bumil mengabaikan hal ini. Padahal banyak sekali manfaat pentingnya berbicara pada janin saat dalam kandungan tersebut. Kira-kira apa saja? Berikut penjelasannya.

Manfaat pentingnya berbicara pada janin

1. Menstimulasi indra pendengaran

Indra pendengaran bayi terbentuk pada usia 14 minggu dalam kandungan ibu. Salah satu yang disarankan dokter untuk menstimulasi pendengaran bayi adalah dengan mengajaknya bicara meskipun janin masih didalam perut.

Hal ini berfungsi untuk membangun koneksi neuron dalam otak yang bertanggungjawab sebagai indra pendengaran. Selain menyarankan untuk mengajak bicara, dokter juga akan menyarankan ibu untuk memperdengarkan lagu-lagu yang dapat membuat janin nyaman didalam perut.

2. Mampu menstimulasi otak

Mengajak janin berbicara sejak dalam kandungan ternyata sangat penting. Selain menstimulasi pendengarannya, ternyata hal ini juga dapat menstimulasi otak. Biasanya ayah dan ibulah yang akan sering mengajak janin berbicara. Intonasi yang berbeda inilah yang membantu janin untuk mengembangkan otak dan paca indra lainnya

3. Bayi merasa aman

Janin didalam kandungan juga menginginkan rasa yang aman dan nyaman. Dan rasa itu didapatkan janin dengan mendengar suara ibunya. Oleh karena itu sangat disarankan bagi ibu untuk sesering mungkin mengajak bayi berbicara agar bayi anda tetap merasa aman dan nyaman didalam kandungan.

4. Membantu perkembangan berbicara

Kebiasaan mengajak bicara janin didalam kandungan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Hal ini ternyata juga mampu membantu bayi untuk belajar mengenal atau mempelajari bahasa yang lebih baik dan cepat. Uniknya ketika sibayi sudah hadir ke dunia, ia akan mudah mengingat dan mengumpulkan kata-kata yang sering ibu gunakan ketika mengajak bayi bicara didalam kandungan. Tentunya hal ini semakin memudahkan bayi untuk lebih cepat memulai bicara.

5. Membangun chemistry antara anak dan orang tua

Sering mengajak bayi berbicara ketika masih didalam kandungan ternyata dapat membangun chemistry antara ibu dan anak. Rasa kasih sayang yang ditanamkan ibu semenjak bayi di dalam kandungan akan semakin terasa ketika ibu sering mengajak bayi berbicara.

6. Memudahkan mengetahui kondisi bayi

Tidak menutup kemungkinan jika bayi didalam kandungan merasakan stress. Dengan mengajaknya bicara, anda dapat mengetahui kondisi bayi anda. Hal ini akan terlihat dari bagaimana cara bayi merespon pembicaraan anda. Dan sebagai ibu, naluri anda akan menuntun anda mengetahui kondisi bayi dalam kandungan anda.

7. Melancarkan proses persalinan

Menghadapi proses persalinan, seringkali dapat membuat ibu cemas dan khawatir. Namun, buah hati yang masih didalam kandungan ini ternyata dapat meredam kecemasan ibu dalam menghadapi persalinan. Oleh karena itu, mendekati masa persalinan ibu disarankan mengajak bayi berbicara sekedar untuk berbagi kecemasan yang dihadapi ibu. Dan hal ini cukup efektif untuk  meminimalisir kecemasan dan dapat memberikan ketenangan bagi ibu saat melahirkan.

Nah, itu tadi beberapa manfaat pentingnya berbicara pada janin saat dalam kandungan. Oleh karena itu, bagi anda ayah dan ibu yang tengah menunggu kehadiran si buah hati ada baiknya untuk meluangkan waktu sekitar 10 hingga 30 menit setiap harinya untuk mengajak bicara buah hati anda yang masih di dalam kandungan. Selain menstimulasi otak dan indera si kecil, hal ini juga dapat membangun chemistry antara anda dan sibuah hati.

Baca juga Cara Mengatasi Air Liur Berlebih Saat Hamil

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan anda

disini..

===========Iklan Google== =========