Inilah Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Hamil dan Cara Mengatasinya yang Benar

Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

Saat hamil, intensitas buang air kecil ibu cenderung lebih tinggi atau meningkat dibanding saat tidak hamil. Meski tidak nyaman, tapi hal ini sebenarnya wajar. Dan tak jarang, karena tidak bisa mengontrol atau menahan hasrat buang air kecil seringkali akhirnya ibu ngompol dicelana. Dengan kejadian tersebut, tentu saja membuat bumil kurang nyaman jika akan bepergian jauh.

Lantas, tahukan anda apa penyebab sering buang air kecil saat hamil dan bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

1. Kantung kemih yang semakin tertekan

Memasuki usia 4 bulan, janin dalam kandungan akan mengalami pertumbumbuhan  yang cukup pesat sehingga kondisi ini membuat kantung kemih semakin tertekan. Penekanan yang terjadi akan membuat kantung kemih tidak dapat menyimpan urin dalam waktu lama. Sehingga ibu cendrung lebih sering buang air kecik saat hamil, disbanding saat-saat normal.

2. Terlalu banyak minum.

Ibu hamil sering disarankan untuk memperbanyak minum agar terhindar dari masalah dehidrasi. Namun kenyataanya, terlalu banyak air yang anda konsumsi juga berpengaruh terhadap intensitas buang air kecil anda. Tetapi mengurangi konsumsi air juga merupakan keputusan yang salah.

Jadi jangan kaget jika ketika hamil anda merasakan ingin buang air kecil dengan intensitas yang cukup sering. Meskipun begitu, anda tidak diperkenankan menahannya, karena menahan keinginan buang air kecil tidak baik untuk kesehatan dan akan menimbulkan masalah kesehatan yang baru.

3. Peningkatan volume darah

Ketika hamil, volume darah dalam tubuh mengalami peningkatan sehingga mengakibatkan banyaknya volume cairan yang berada di ginjal. Volume yang berlebih pada ginjal ini akan dikeluarkan dari dalam tubuh dalam bentuk air seni. Maka inilah alasan mengapa ibu hamil mengalami intensitas buang air kecil yang cukup sering

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan seringnya buang air kecil saat hamil, sekarang saatnya berbagi tips mengenai cara mengatasi seringnya buang air kecil saat hamil. Dan berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil Saat Hamil

1. Senam kegel

Senam kegel adalah salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah seringnya buang air kecil saat hamil. Senam ini juga bermanfaat untuk membantu proses persalinan anda kelak. Untuk melakukannya tidak sembarangan. Anda harus dipandu oleh instruktur yang telah berpengalaman.

2. Mengurangi konsumsi minuman dingin

Mengonsumsi minuman dalam suhu yang dingin ternyata bisa menjadi salaj satu pemicu seringnya buang air kecil. Sehingga bagi ibu-ibu hamil ada baiknya untuk mengurangi konsumsi minuman dalam kondisi dingin agar dapat mengurangi intensitas buang air kecil. Apalagi dimalam hari, karena dapat mengganggu waktu istirahat anda.

3. Menyilangkan kaki

Pada ibu hamil, posisi kandung kemih akan semakin tertekan bersamaan dengan bertambahnya usia janin. Hal ini seringkali membuat ibu sering buang air kecil atau bahkan keluar begitu saja (mengompol) saat ibu batuk, tertawa maupun bersin. Tentu hal ini sangatlah tidak nyaman. Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengilangkan kaki. Cara ini cukup efektif anda lakukan jika anda terdesak karena jauh dari toilet.

Itulah diatas pembahasan mengenai penyebab sering buang air kecil saat hamil dan cara mengatasinya. Semoga dapat membantu anda, para ibu yang sedang berbahagia menanti hadirnya buah hati namun sedikit tidak nyaman terkait masalah seringnya buang air kecil.

Jika anda mengunjungi dokter kandungan atau bidan anda, tak ada salahnya untuk mengkonsultasikan masalah diatas agar anda bisa mendapatkan solusi yang pastinya tidak membahayakan anda dan tentunya janin anda.

Baca juga Cara Mengatasi Air Liur Berlebih Saat Hamil

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini…

===========Iklan Google== =========