Inilah Asupan yang Dilarang Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Asupan yang Dilarang Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

Asupan makanan adalah sesuatu yang harus diperhatikan oleh ibu hamil supaya janin yang ada di dalam kandungannya bisa terus berkembang dengan baik. Sehingga dengan demikian, sudah jelas bagi ibu hamil sebaiknya mengetahui mengenai asupan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil itu apa saja .

Makanan yang umum disarankan untuk ibu hamil adalah makanan yang mampu mendukung kesehatannya seperti beberapa jenis buah, sayuran, produk susu yang rendah lemak, daging tanpa lemak serta produk gandum utuh. Nah, sedangkan jenis makanan yang dilarang dikonsumsi ibu hamil bisa Anda lihat pada ulasan di bawah ini, antara lain :

Asupan yang Dilarang Untuk Dikonsumsi Ibu Hamil

1. Produk Susu yang tidak Dipasteurisasi

Yang pertama adalah produks susu yang tidak dipasteurisasi. Kita tahu bahwa produk susu ini adalah salah satu makanan yang bernutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Hanya saja jika produk tersebut tidak melalui proses pasteurisasi terlebih dahulu, sebaiknya dihindari supaya tidak memicu keracunan.

Selain itu, produk susu yang tidak dipasteurisasi juga beresiko terdapat bakteri listeria di dalamnya, dimana bakteri ini bisa mengakibatkan infeksi pada kehamilan.

2. Hati

Saat menyusui bayi yang usianya sudah lebih dari 6 bulan, memang hati ini sering dijadikan makanan pendamping ASI. Tetapi, pada ibu hamil, sebaiknya menu ini dihindari dulu karena kandungan vitamin A-nya terlalu tinggi yang justru sangat beresiko untuk mengganggu kesehatan janin.

3. Ikan yang Mengandung Merkuri

Membatasi asupan makanan laut pada ibu hamil penting untuk dilakukan karena ada kemungkinan polutan dioksin, PCBs (Polychlorinated biphenyls), dan merkuri. Sebaiknya, makanan laut ini tidak dikonsumsi lebih dari 2 porsi sedang tiap minggunya.

4. Beberapa Jenis Sayuran

Jenis sayuran yang harus dihindari sepenuhnya adalah sayuran yang tidak dicuci dengan baik sehingga ada kemungkinan parasit yang terkandung di sana. Selain itu juga jangan mengkonsumsi kecambah mentah dan daun semanggi mentah.

Kalaupun ingin mengkonsumsinya, bersihkan dengan baik terlebih dahulu kemudian masaklah hingga matang. Pada dasarnya ini juga berlaku bagi semua orang, hanya saja untuk ibu hamil memang seharusnya lebih mewaspadai supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Telur Mentah

Yang selanjutnya dilarang dikonsumsi ibu hamil adalah telur mentah atau makanan –  minuman lain yang terdapat telur mentah di sana. Mengapa? Karena ada kemungkinan bakteri salmonella di sana yang bisa mengakibatkan muntah serta diare yang parah.

Jika ingin mengkonsumsi telur, pastikan bahwa telur tersebut sudah matang dengan tandanya adalah bagian putih telur dan juga kuning telur padat.

6. Daging Mentah

Hal yang sama juga berlaku untuk daging mentah. Ibu hamil harus menghindari daging mentah ini ataupun yang dimasak hanya hingga setengah matang saja, karena daging dengan kondisi tersebut masih beresiko mengandung virus tosoplasma, dimana virus ini akan mengakibatkan infeksi yang cukup berbahaya bagi janin.

Jadi, kalau ibu hamil menginginkan daging untuk dimasukkan ke dalam menu makannya, masaklah daging tersebut terlebih dahulu hingga matang dengan sempurna, dengan tandanya adalah daging tidak berwarna merah muda.

7. Beberapa Jenis Buah

Kemudian ada juga beberapa jenis buah yang dilarang dikonsumsi ibu hamil. Memang buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik, namun perlu diketahui bahwa beberapa diantaranya justru memiliki dampak negatif yang lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya.

Diantara jenis buah yang dilarang ini antara lain pepaya, nanas, anggur, durian, nangka, melon, mangga yang matang serta buah yang tidak dicuci sebelumnya.

Memang memakan makanan apapun itu adalah hak Anda, tetapi jika Anda sedang hamil, tahan dahulu keinginan untuk mengkonsumsi berbagai makanan yang dilarang di atas. Namun alangkah lebih baiknya jika anda ke dokter, sebaiknya anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter anda, sehingga anda bisa lebih yakin mengenai makanan apa saja yang di larang untuk ibu hamil.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai asupan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamilSemoga informasi ini bisa bermanfaat.

Baca juga  Tips Jitu Mengurangi Rasa Mual pada Ibu Hamil secara Ampuh

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan anda

disini…

===========Iklan Google== =========