Inilah Tips Jitu Mengurangi Rasa Mual pada Ibu Hamil secara Ampuh

Tips Jitu Mengurangi Rasa Mual pada Ibu Hamil

Rasa mual saat hamil kerap dirasakan para bumil, terutama pada masa kehamilan di usia tiga bulan pertama. Penyebab ibu hamil sering mual dan muntah adalah indera penciuman saat hamil, yang seringkali sangat peka akan bau sehingga timbul rasa mual. Lantas bagaimana solusinya?

Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan bumil untuk mencegah rasa mual dan muntah saat hamil. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai tips jitu mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Tips Jitu Mengurangi Rasa Mual pada Ibu Hamil

 1. Menghindari Makanan yang Menimbulkan Gas

Rasa mual bisa ditimbulkan dari faktor makanan yang dikonsumsi setiap hari. Untuk menghindari makanan yang bisa menyebabkan mual dan muntah, ibu hamil diharapkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung gas.

Makanan yang dapat menimbulkan gas yaitu buah dan sayuran seperti kol, durian, sawi hijau, dan nangka. Selain itu, makanan hasil fermentasi juga bisa menimbulkan gas, seperti tape singkong, tape ketan dan lain – lain.

2. Makan Sedikit Tapi Sering

Cara ibu hamil menambahkan nutrisi untuk janin tentunya dengan makanan yang cukup dan bergizi. Tetapi, untuk ibu hamil yang ingin menghindari rasa mual, cara untuk makan agak berbeda dari biasanya. Cara makan untuk ibu hamil sama seperti seseorang yang sedang melakukan diet yaitu makan sedikit namun sering. Makan dengan porsi banyak akan membuat semakin merasa mual.

Makanan yang mengandung karbohidrat sangat dianjurkan, karena mengurangi rasa lemas dan lesu pada ibu hamil. Setelah mengonsumsi karbohidrat, ibu hamil akan merasa nafsu makan terpacu sehingga memakan buah segar berguna untuk mengatasinya.

3. Minum Air Putih

Kekurangan cairan pada ibu hamil sering terjadi ketika ibu hamil sering muntah. Sehingga, ibu hamil dianjurkan untuk mengembalikan cairan yang hilang. Dengan meminum air hangat akan mengurangi rasa mual dan mengembalikan cairan tubuh. Alasan memakai air hangat adalah usus lebih mudah menerima air hangat daripada air dingin.

4. Mengonsumsi Vitamin C dan Vitamin B6

Buah yang memiliki kandungan vitamin C sangat dianjurkan ibu hamil karena bisa mengurangi rasa mual dan muntah. Sedangkan untuk vitamin B6, bisa ditemukan di produk susu ibu hamil. Susu ibu hamil bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual dan menggantikan cairan yang hilang ketika muntah.

5. Mengonsumsi Minuman Olahan

Mengonsumsi minuman olahan yang berasal dari bahan berkhasiat juga dipercaya dapat menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Berikut olahan minuman yang berasal dari bahan organik :

  • Jahe hangat

Kandungan minyak astiri yang berguna untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Bau khas yang ditimbulkan oleh jahe dan rasa hangat pada perut dapat mengatasi rasa mual.

  • Teh Mint

Mint mengandung menthol yang menyebabkan rasa dingin pada tubuh sehingga membantu tubuh rileks dan menghilangkan rasa mual pada ibu hamil.

  • Air perasan lemon

Air hangat dengan campuran perasan lemon dipercaya bisa mengatasi rasa mual pada ibu hamil. Serta, air hangat yang bisa diterima dengan baik oleh usus sehingga rasa mual akan hilang.

6. Olahraga

Olaharga bagi ibu hamil yang dimaksud adalah olahraga ringan. Olahraga ringan bisa berupa gerakan ringan dan jalan – jalan di pagi hari. Jalan – jalan di pagi hari bisa mengatasi rasa mual pada ibu hamil jika dilakukan secara rutin.

Baca juga 6 Olahraga Terbaik Untuk Ibu Hamil

Nah, itu dia beberapa tips jitu mengurangi rasa mual pada ibu hamil. Namun alangkah lebih baiknya jika bumil berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter kandungan, untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. Selamat mencoba.

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini..

===========Iklan Google== =========