Inilah Tips Jitu Agar Bisa Melahirkan Normal Setelah Caesar

Tips Jitu Agar Bisa Melahirkan Normal Setelah Caesar

Bagi ibu hamil, melakukan kelahiran normal merupakan impian terbesar mereka. Namun, jika kelahiran pertama telah dilakukan dengan operasi caesar maka biasanya saat kelahiran berikutnya juga caesar. Tapi jangan khawatir, asal mau berusaha, masih ada kok peluang melahirkan normal.

Baca Juga Prosedur Melahirkan Caesar Menggunakan BPJS Kesehatana

Nah berikut kami bagikan beberapa tips jitu agar bisa melahirkan normal setelah caesar. Silahkan disimak.

Tips Jitu Agar Bisa Melahirkan Normal Setelah Caesar

 1. Berpikir Positif

Berpikir positif akan membuahkan hasil positif juga. Yups, pada masa awal kehamilan para ibu hamil diwajibkan untuk membangun pikiran – pikiran positif. Pikiran positif bisa berupa rasa syukur kepada Tuhan dan menikmati suka dan duka selama kehamilan.

2. Pemeriksaan Kandungan

Baca juga Berapa kali USG kehamilan bagi peserta BPJS kesehatan?

Pemeriksaan kandungan secara rutin merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh ibu hamil guna mengetahui perkembangan janin. Selain itu, ibu hamil juga bisa berkonsultasi kepada dokter atau bidan perihal kelahiran normal setelah operasi Caesar. Serta, jika ada hal lain yang mengganggu pada masa kehamilan seperti keluhan tentang penyakit yang diderita bisa segera diatasi.

3. Persiapan Fisik

Baca juga 6 Olahraga Terbaik Untuk Ibu Hamil

Olahraga bagi ibu hamil merupakan persiapan fisik yang paling penting untuk sang buah hati. Olahraga yang dilakukan bukan orahlaga berat seperti biasanya. Tetapi olahraga yang dimaksud adalah senam ibu hamil, latihan pernapasan, senam ibu hamil, yoga untuk ibu hamil (hypnobirthing) dan teknik relaksasi bagi ibu hamil.

4. Menjaga Kesehatan

Kesehatan ibu hamil juga harus dijaga dengan pola makan yang teratur, asupan nutrisi yang bagus, dan istirahat yang cukup. Menjaga stamina tubuh diwajibkan sejak masa kehamilan seperti memenuhi kebutuhan zat gizi berupa protein, vitamin, lemak dan mineral. Selain itu, ibu hamil wajib mengetahui pantangan makanan yang bisa membahayakan stamina tubuh seperti makanan siap saji, narkotika, rokok dan minuman beralkohol.

5. Menambah Relasi

Hubungan yang dimaksud adalah relasi antara sesama ibu hamil. Dengan menjalin hubungan yang baik dengan sesama ibu hamil, bisa dipercaya untuk bisa bertukar informasi tentang kehamilan. Selain itu, ibu hamil juga bisa mendapatkan cerita pengalaman tentang proses kelahiran dari hubungan relasi tersebut.

6. Bersahabat dengan Suasana Tenang

Ibu hamil disarankan untuk berada di suasana yang tenang guna menghindari pikiran – pikiran negatif yang berakibat pada stress dan depresi. Jika ingin membangun suasana yang tenang, ibu hamil bisa menggunakan musik klasik dan lantunan lagu yang lembut. Musik lembut tak hanya digunakan untuk kepentingan ibu hamil saja, tetapi bayi dalam kandungan juga membutuhkan suasana yang rileks.

7. Memenuhi Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi yang baik berguna untuk kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Pemenuhan kebutuhan nutrisi bisa dari makanan yang dikonsumsi sehari – hari. Makanan yang harus dikonsumsi adalah makanan yang memiliki protein, vitamin, karbohidrat dan mineral.

Makanan bergizi juga memiliki fungsi untuk membantu proses persalinan. Karena makanan memberi tenaga bagi ibu hamil untuk mengejan saat kontraksi pada proses persalinan berlangsung.

8. Dilarang Menahan Buang Air Kecil

Saat berlangsungnya persalinan, sang ibu diharapkan untuk tidak menahan buang air kecil. Kondisi kandung kemih yang penuh saat persalinan akan menghambat keluarnya kepala bayi. Jika ibu masih kuat untuk berjalan di sekitar ruang persalinan maka hal tersebut dapat membantu proses persalinan.

9. Tidak Mengonsumsi Obat Pelancar Kelahiran

Penggunaan obat atau ramuan pelancar kelahiran sangat dilarang bagi ibu hamil. Ramuan obat yang dimaksud seperti rumput Fatimah, rendaman akar, telur mentah, minyak goring dan lain – lain. Meminum ramuan tersebut akan membahayakan ibu hamil dan kandungannya.

Nah, itulah beberapa tips jitu agar bisa melahirkan normal setelah caesar. Semoga tips tersebut bisa memberikan bermanfaat.

Baca juga Tanda-Tanda Janin Tidak Berkembang di Usia 3 Bulan Pertamanya

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini…

===========Iklan Google== =========