Berikut Daftar Jenis Minuman yang Sebaiknya di Konsumsi Ibu Hamil

Masa-masa kehamilan pastinya merupakan masa-masa yang sangat membahagiakan bagi pasangan yang telah menikah, terlebih bagi mereka yang sudah lama mendambakan kehadiran sang buah hati. Oleh karena itu tak heran, banyak ibu-ibu hamil yang rela merubah pola hidupnya demi kesehatan dan kesempurnaan si buah hati. Selain memperhatikan makanan selama masa kehamilan, ibu juga wajib memperhatikan minuman yang dikonsumsi.

Dan inilah jenis-jenis minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil. Apa saja?

Daftar Minuman Terbaik untuk Ibu Hamil

  • Air putih

Merupakan salah satu minuman yang sangat baik bagi siapa saja. Baik dalam kondisi hamil maupun tidak. Bagi ibu hamil, air putih memiliki peranan yang cukup penting. Mulai dari mengatasi dehidrasi, hingga membantu pemenuhan air ketuban didalam tubuh yang berfungsi untuk melindungi janin. Oleh karenanya sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi air putih lebih dari 8 gelas setiap harinya.

  • Jus jeruk

Saat hamil, ibu disarankan memperbanyak konsumsi vitamin C karena kebutuhan vitamin C dalam tubuh meningkat menjadi dua kali lipat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi jus jeruk. Kandungan vitamin C dalam jus jeruk dapat membantu ibu meringankan morning sickness yang sering diderita ibu hamil. Pastikan anda mengonsumsi jus jeruk yang anda buat sendiri dirumah agar terjaga kualitasnya

  • Jahe hangat

Jahe hangat merupakan salah satu minuman yang sangat diperlukan ibu hamil. Rasanya yang hangat dan aromanya yang segar dapat mengurangi gejala mual muntah pada ibu hamil. Selain itu, jahe juga memiliki khasiat anti-virus,anti-inflamasi dan juga anti bakteri yang dapat membantu ibu menjaga system kekebalan tubuh selama masa kehamilan.

  • Jus buah atau smoothie

Jus buah atau smoothie bisa menjadi salah satu alternative pilihan minuman bagi ibu hamil yang susah makan. Smoothie ini bisa dihidangkan bersama dengan oatmeal atau buah segar lainnya tanpa mengabaikan nutrisi bagi ibu hamil.

  • Susu dan olahannya

Kandungan lemak, protein dan kalsium bisa anda dapatkan pada susu maupun olahannya. Kandungan diatas sangat cocok untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu selama hamil. Terutama kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan ibu untuk memperkuat tulang ketika hamil. Namun perlu anda ingat, pastikan susu dan olahan susu yang anda konsumsi sudah benar-benar matang karena anda tidak diperbolehkan mengonsumsi hidangan mental selama masa kehamilan.

  • Kelapa muda

Kelapa muda merupakan salah satu minuman yang sangat baik untuk ibu hamil. Kelapa muda memiliki bermacam-macam kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk ibu dan janin. Selain itu, air kelapa muda dapat membantu ibu mencegah dehidrasi, menjaga elektrolit tubuh dan juga menjaga kekuatan kandungan. Sehingga, kelapa muda sangat disarankan bagi ibu hamil.

  • Air kacang hijau

Air kacang hijau juga menjadi salah satu minuman yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil dan janinnya. Kacang hijau memiliki kandungan gizi yang sangat banyak. Mulai dari karbohidrat, protein, mineral, asam folat dan berbagai vitamin membuat kacang hijau sangat dibutuhkan bagi ibu dan janin.

Manfaat ini tidak hanya dirasakan ketika masa kehamilan saja. Setelah melahirkan, kandungan kacang hijau yang anda konsumsi selama masa kehamilan akan membantu anda untuk segera pulih pasca melahirkan. Jadi, jangan lupa untuk menjadikan air rebusan kacang hijau menjadi menu sehat anda.

Nah, itulah diatas jenis-jenis minuman yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi anda yang mungkin sedang merencanakan program hamil ataupun yang sedang hamil. Jaga pola hidup sehat anda karena kesehatan ibu dan bayi adalah prioritas utama. Salam sehat

Baca juga tips mengatasi susah tidur pada istri saat hamil tua

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disni..

===========Iklan Google== =========