Ketahui Sejuta Manfaat Mengkonsumsi Ikan bagi Ibu Hamil

Tentunya para ibu hamil sangat disarankan bisa memenuhi kebutuhan gizi dengan maksimal, agar pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungannya juga bisa maksimal. Nah, berbicara mengenai makanan ibu hamil yang bergizi, salah satu jenis yang sangat disarankan adalah ikan. Ikan memang memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca juga minuman yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya ketahui beragam, manfaat mengkonsumsi ikan bagi ibu hamil berikut ini.

Manfaat Mengkonsumsi Ikan bagi Ibu Hamil

1. Mencegah Hipertensi

Tekanan darah pada ibu hamil harus dalam keadaan normal setiap hari. Jadi, untuk menjaga agar tidak terkena hipertensi, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi ikan. Ikan memang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada masa kehamilan. Saat masa kehamilan, ibu hamil biasanya mendapatkan pikiran yang luar biasa dan tekanan fisik, sehingga bisa berakibat tekanan darah tinggi pada ibu hamil.

2. Bisa Terhindar dari Persalinan Prematur

 

Rutin mengonsumsi ikan bisa mencegah bayi lahir secara premature. Ikan bisa dipercaya untuk mencegah adanya kelahiran premature pada ibu hamil. Ikan yang dianjurkan dikonsumsi agar mencegah bayi lahir secara premature adalah ikan laut. Ikan laut memiliki kandungan gizi yang lebih banyak daripada ikan air tawar.

3. Mencegah Keguguran

 

Bagi ibu hamil yang berusia muda, konsumsi ikan secara rutin dapat dipercaya sebagai pencegah keguguran. Kandungan DHA tersebut dapat mencegah terjadinya kontraksi dalam rahim. Kontraksi dini yang dialami ibu hamil dapat menyebabkan keguguran pada janin.

4. Menghindarkan dari Kolesterol

Ikan dipercaya memiliki peran dalam menormalkan kadar kolesterol. Penyebab meningkatnya kolesterol dalam tubuh adalah tekanan darah tinggi. Ikan berguna untuk menormalkan tekanan darah dan kadar kolesterol bisa dihindari.

5. Menghindari Stroke

 

Karena ikan bisa menormalkan tekanan darah, maka ikan juga dipercaya juga menghindarkan ibu hamil dari gejala stroke. Penyebab dari stroke adalah hipertensi.

6. Mengurangi Depresi

 Ikan salmon memiliki kandungan DHA yang sangat tinggi. Kandungan DHA yang terdapat pada ikan salmon berguna untuk mengurangi dan mencegah depresi pada ibu hamil. Terutama pada ibu hamil yang berusia muda, tekanan fisik dan pertikaian batin seringkali muncul dalam pikiran ibu hamil. Maka dari itu, konsumsi ikan secara rutin dapat mencegah timbulnya konflk batin dan gejala depresi pada ibu hamil.

7. Jantung yang Sehat

 

Perbandingan ibu hamil yang mengonsumsi dan ibu hamil yang tidak mengonsumsi ikan sama sekali dapat terlihat dari kondisi jantungnya. Kondisi jantung ibu hamil yang mengonsumsi ikan relative lebih sehat. Selain untuk ibu hamil, konsumsi ikan juga baik untuk kesehatan janin dalam kandungan, ikan bisa membantu pembentukan jantung janin menjadi sempurna.

8. Menyehatkan Kulit

 

 Konsumsi ikan pada ibu hamil bisa berguna untuk menyehatkan kulit ibu hamil. Saat masa kehamilan, perubahan hormone bisa berakibat ibu hamil menjadi berjerawat, kulit kusam dan masih banyak lagi. Sehingga konsumsi ikan sangat diperlukan bagi kesehatan kulit ibu hamil karena vitamin pada ikan lebih sehat daripada pemakaian kosmetik. Pemakaian kosmetik pada ibu hamil harus dihindari karena bisa menyebabkan bayi dalam kandungan mengalami cacat fisik. Maka dari itu, mengonsumsi ikan menjadi pilihat sehat bagi ibu hamil untuk merawat kulit.

Nah, informasi tersebut merupakan manfaat dari ikan untuk kesehatan ibu hamil. Untuk itu, disarankan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan bergizi tersebut.

Baca juga makanan terbaik ibu hamil agar kulit bayi bersih

Jika anda mempunyai pertanyaan seputar BPJS, silahkan kirimkan pertanyaan

disini..

===========Iklan Google== =========